Tes Lengkap Jeep Gladiator Rubicon 2021: Pick-up Mewah, Sangar, Seharga Rp 2 Miliar

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 25 Okt 2021 10:35 WIB
Jakarta -

Pabrikan mobil asal Amerika Serikat, Jeep, memang tercatat sudah meluncurkan pick-up 'mewah' ini pada ajang LA Autoshow 2018 lalu. Lalu, Jeep global secara resmi menjual Gladiator pada pertengahan 2019. Namun pecinta mobil jip di Indonesia baru dapat melihat langsung dan membelinya secara resmi pada 2021 ini.

Kali ini, tak hanya melihat dari dealer saja, detikOto diberi kesempatan untuk mencoba langsung dan merasakan sensasi berkendara menggunakan pick-up yang harganya tembus Rp 2 M ini. Penasaran seperti apa ulasan kami terhadap Jeep Gladiator Rubicon 2021 ini? Simak deh!

Jeep Gladiator Rubicon 2021Jeep Gladiator Rubicon 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Desainnya Mewah Ala Pick-up Para Sultan

Melihat Jeep Gladiator Rubicon ini tentu bagaikan melihat Jeep Wrangler Rubicon yang ketambahan bak pick-up di belakangnya. Yap, tepat sekali, Gladiator ini membawa bahasa desain yang sama dengan Wrangler JL terbaru. Namun Gladiator punya kode JT.

Dari depan tentu yang khas dari bahasa desain Jeep terbaru adalah penggunaan grille yang semakin besar dan juga kisi-kisi ujungnya tidak tegah melaikan nempel dengan lampu utamanya yang bulat. Lampu utamanya ini makin canggih dengan teknologi lampu LED. Selain itu, yang khas juga penggunaan DRL yang menyatu dengan lampu sein yang diletakkan di fender depannya.

Geser ke samping, seperti yang kami bilang tadi, Gladiator Rubicon ini persis dengan Wrangler Rubicon. Desainnya tegas dan tampak tak neko-neko. Dari samping terlihat siluet double cabin-nya yang tidak compact, menandakan dapat diisi oleh empat hingga lima orang dewasa tanpa kesempitan.

Jeep Gladiator Rubicon yang kami tes ini adalah yang atapnya sudah dibekali dengan material hard top. Dalam versi global, Gladiator Rubicon juga tersedia dalam atap yang materialnya lembut atau soft top. Namun, atap dari Gladiator Rubicon yang kami tes kali ini juga dapat dibuka dengan mudah. Tak hanya atap, pintunya pun dapat dibuka jika ingin merasakan sensasi berkendara yang lebih 'dekat dengan alam'.

Jeep Gladiator Rubicon 2021Jeep Gladiator Rubicon 2021 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Dari samping jelas yang keliatan jumawa adalah spek kaki-kaki yang diusung oleh Jeep Gladiator Rubicon ini. Peleknya ring 17, namun tampak gagah dengan balutan ban MT dari BFGoodrich ukuran 33 x 12.5. Spek kaki-kakinya jelas sangat mendukung untuk dibawa main tanah. Tak hanya itu, Jeep Gladiator Rubicon ini juga sudah menggunakan sok dari pabrikan Fox. Klaimnya, sok ini punya jarak travel yang lebih tinggi serta karakter yang lebih menyenangkan dibanding sok standarnya.

Dari samping jelas terlihat sekali jumawanya pick-up ini. Panjangnya secara keseluruhan tembus 5.539 mm atau lebih dari 5,5 meter. Kalau kalian tidak familiar dengan panjang segini, coba bayangkan Toyota Fortuner lalu tambahkan panjangnya sekitar 74 cm. Maka itu adalah dimensi panjang dari Jeep Gladiator Rubicon ini.

Namun untuk urusan lebar, ternyata Jeep Gladiator Rubicon ini punya lebar 1.875 mm. Angka segitu memang cukup standar untuk ukuran sebuah SUV besar atau sebuah mobil jip. Tapi panjangnya dimensi Gladiator ini dan juga jarak sumbu roda yang tembus 3.487 mm, membuat mobil ini agak sulit untuk merangkak di parkiran atau dibawa putar balik di jalan yang kecil.

Lanjut ke belakang, hadirnya bak di Gladiator Rubicon ini jelas membuatnya tampak kurang 'kece' untuk dibawa harian. Namun, Jeep Indonesia membekali bak Gladiator Rubicon ini dengan cover, sehingga gayanya jadi lebih tidak kaku dan pas buat dipakai kemana saja.

Bak dari Gladiator Rubicon ini diklaim bisa menampung beban hingga 700 kilogram. Berarti masih bisa untuk bawa sapi limosin betina yang punya berat rata-rata di 650 kilogram. Namun dimensinya cukup kompak, panjangnya 1.531 mm dan lebarnya 1.442 mm.

Secara umum, tampak belakang Jeep Gladiator Rubicon ini tampak sederhana. Hanya ada sepasang lampu belakang yang terlihat modern berkat sentuhan DRL di sekelilingnya, tulisan Jeep di tengah, dan juga bumper yang dihiasi tow hook berwarna merah.

[Halaman berikutnya: Impresi Kabin dari Jeep Gladiator Rubicon 2021]