Impresi Pertama Subaru Forester 2022: Pas Buat Antar Anak Sekolah dan Main Tanah!

Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 19 Mei 2022 07:34 WIB
Jakarta -

Subaru Indonesia secara resmi membawa lini SUV anyar yang sekaligus menjadi lini pembukanya pasar Tanah Air, yakni Subaru Forester.

Kami sudah melihat langsung dan merasakan kencan pertama dengan Subaru Forester tipe 2.0i S EyeSight yang notabene hadir sebagai tipe tertingginya. Lantas, seperti apa impresi pertama kami?

Subaru Forester 2.0i S EyeSightSubaru Forester yang dibawa ke Indonesia ini merupakan Forester generasi ke-lima model tahun 2022 yang belum lama hadir secara global. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Model Terbaru di Pasar Global

Salah satu alasan dipilihya Forester sebagai lini 'pembuka' adalah karena momentum. Subaru Forester yang dibawa ke Indonesia ini merupakan Forester generasi ke-lima model tahun 2022 yang belum lama hadir secara global.

Jika menilik rekam jejaknya, Forester generasi kelima model tahun 2022 ini muncul pertama kali ke dunia pada akhir tahun 2021 silam di Jepang. Sedangkan penjualannya secara global, mulai dilangsungkan pada akhir kuartal pertama 2022 ini. Jadi kehadirannya ke Indonesia, masih sejalan dengan momentum Subaru Global.

Untuk pasar Indonesia, Subaru Forester hadir dalam dua tipe yakni Subaru Forester 2.0i L dan juga Subaru Forester 2.0i S EyeSight. Keduanya dijual di Indonesia dalam status CBU Jepang atau diimpor utuh dari Negeri Sakura sana.

Subaru Forester 2.0i S EyeSightDi model ini, fasia dengan dari Forester terlihat lebih segar. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto


Desain Dewasa, Pas Buat Keluarga

Subaru Forester model tahun 2022 ini hadir dengan desain yang tetap 'dewasa' khas Forester, namun terlihat lebih modern dan gagah berkat sejumlah ubahan dari versi sebelumnya.

Di model ini, fasia dengan dari Forester terlihat lebih segar. Forester kini dibekali dengan lampu utama canggih yang lengkap dengan DRL ikoniknya. Selain itu, ada pula kosmetik seperti aksen garis tiga di atas lampu kabutnya.

Forester model tahun 2022 ini mengusung diffuser depan yang menunjukkan ciri khas SUV-nya. Diffuser ini ternyata seakan menyatu dengan yang belakang menjadi sebuah panel dan menutupi bagian kolongnya. Sehingga tak hanya sebagai kosmetik, hadirnya panel ini membuat mobil lebih aman ketika dibawa ke medan ekstrem.

Dari samping, Forester tampak jumawa dengan pelek ukuran 18 inci dengan model two-tone. Peleknya ini dibalut dengan ban ukuran 225 profil 55. Lalu Forester tipe tertinggi ini juga dibekali roof rail, side garnish, dan spion dengan warna beda dari bodi.

Subaru Forester 2.0i S EyeSightForester hadir dengan sejumlah fitur ekstra yang dapat membuat penumpang hingga pengemudi lebih praktis. Hal ini yang menjadikannya pas buat mobil keluarga. Contohnya Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Sedangkan dari belakang, rasanya tidak banyak perubahan yang disematkan Subaru ke model tahun 2022 ini. Model lampu belakang 'C-Shape' yang ikonik tetap dihadirkan, ditambah bumper-nya yang tampak maskulin.

Menariknya, Forester hadir dengan sejumlah fitur ekstra yang dapat membuat penumpang hingga pengemudi lebih praktis. Hal ini yang menjadikannya pas buat mobil keluarga.

Contohnya, pembukaan pintu dari Forester ini sangat luas dan juga bingkai pintunya lebar, sehingga memudahkan akses untuk masuk ke mobil. Selain itu ada pula footstep tambahan, yang memudahkan ketika hendak mengambil barang di atap mobil.

Forester model tahun 2022 yang mengusung Subaru Global Platform teranyar ini membuatnya sebagai Forester dengan kabin terlega sejak pertama kali hadir ke dunia di tahun 1997.

Subaru Forester 2.0i S EyeSightSelain lega, kabinnya juga sangat nyaman. Jok berbalut kulit nappa membuat kesan yang istimewa Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Selain lega, kabinnya juga sangat nyaman. Jok berbalut kulit nappa membuat kesan yang istimewa. Subaru juga membekali Forester dengan sunroof yang panjang, banyaknya kompartemen penyimpanan, dan juga blower tambahan untuk pendinginan kabin belakang.

Sedangkan di bagian depan, area kabinnya juga tak kalah menarik. Subaru yang hadir dengan pendekatan konvesional, tak neko-neko dengan panel informasinya. Semuanya tampak mudah diakses dan mudah dimengerti.

Kabin depannya juga hadir dengan kesan yang istimewa, sebab built quality-nya yang tak main-main. Mayoritas panel yang dapat dilihat dan disentuh menggunakan material lembut.

Lalu yang juga tak kalah penting sebagai mobil keluarga adalah akomodasinya. Subaru Forester hadir dengan bagasi yang fleksibel, kapasitasnya di 500 liter jika jok baris kedua terbuka dan menjadi 1.740 liter dalam keadaan terlipat. Selain itu, Subaru juga membekali Forester dengan banyak sekali tow hook. Praktis!

[Halaman berikutnya: Mesin, Fitur, dan Harga Subaru Forester]