Honda HR-V Diuji Tabrak, Apa Hasilnya?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 29 Apr 2022 10:10 WIB
Uji tabrak Honda HR-V
Honda HR-V diuji tabrak. Foto: Euro NCAP
Jakarta -

Lembaga pemeringkat Euro New Car Assessment Programme (Euro NCAP) belum lama ini melakukan uji tabrak terhadap Honda HR-V teranyar. Dalam tes tersebut, Honda HR-V diuji tabrak dari beberapa sisi untuk membuktikan ketangguhannya.

Hasilnya, SUV andalan Honda itu hanya mendapat empat bintang dari sisi keselamatan meski telah memiliki fitur berbasis radar yang tergabung dalam Honda Sensing. Euro NCAP mencatat bahwa Honda HR-V hanya memberikan perlindungan marjinal saat melakoni uji tabrak.

Uji tabrak Honda HR-VUji tabrak Honda HR-V versi Eropa. Foto: Euro NCAP

All New Honda HR-V mendapat skor 82 persen dalam kategori perlindungan penumpang dewasa (adult occupant protection) usai melakoni tes side impact, pole oblique, dan far-side impact. Sementara itu, untuk perlindungan penumpang anak-anak (child occupant protection) mendapatkan nilai yang tidak begitu tinggi, yakni 75 persen.

Lalu, All New Honda HR-V mendapat skor 72 persen dari Euro NCAP dalam kategori perlindungan pejalan kaki dan pengendara sepeda. Tak hanya itu, SUV tersebut juga mendapat nilai cukup besar mencapai 78 persen soal bantuan fitur keselamatan (safety assist).

Uji tabrak Honda HR-VHasilnya Honda HR-V hanya meraih 4 bintang. Foto: Euro NCAP

Perlu dicatat, Honda HR-V yang diuji tabrak di Euro NCAP ini memiliki spesifikasi berbeda dengan versi Indonesia. SUV yang diuji tabrak menggunakan mesin hybrid dan punya 6 buah airbags.

Adapun untuk fitur keselamatan Honda Sensing yang tersemat dalam HR-V versi Eropa ini antara lain

- Collision Mitigation Braking System

- Lane Keep Assist

- Low Speed Brake System

- Adaptive Cruise Control

- Enhanced Road Departure Mitigation System

- Traffic Sign Recognition System

- Intelligent Speed Limiter

- Front & Rear Collision Mitigation Throttle Control



Simak Video "Honda HR-V Baru Akan Datang, HR-V Lama Tak Lagi Diproduksi"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)