Subaru Pasang Motor Listrik Yamaha di Mobil Konsep STI E-RA

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 17 Jan 2022 10:40 WIB
Subaru STI E-RA
Wujud Subaru STI E-RA yang dipamerkan di ajang Tokyo Auto Saloon 2022 Foto: dok. Subaru
Jakarta -

Subaru Tecnica International (STI) merilis STI E-RA Challenge Project untuk memecahkan rekor di Sirkuit Nürburgring, Jerman. Mereka merilis mobil listrik konsep yang punya tenaga 1.073 HP dan dibantu oleh motor listrik garapan Yamaha.

STI mengatakan tujuan utama STI E-RA ini adalah untuk mencapai rekor satu lap dalam 400 detik dalam ajang time attack di Sirkuit Nürburgring pada 2023 mendatang.

Motor listrik Yamaha di Subaru STI E-RAMotor listrik Yamaha di Subaru STI E-RA Foto: dok. Yamaha

"Kami telah memanfaatkan pengetahuan tentang kekuatan Subaru dalam 'all-wheel control technology' untuk mengontrol output tinggi dengan output sistem maksimum 800kW (1088ps) dengan teknologi vektor torsi 4-motor 4-roda eksklusif yang baru diadopsi," tulis STI dalam rilis yang mereka publikasikan pada Jumat (14/1/22)

Untuk motor listriknya, STI E-RA mengusung motor listrik bertipe high-torque high-revolution yang digarap oleh Yamaha Motor Co., Ltd.

"Sistem vektor torsi yang unik adalah teknologi yang menyamakan keseimbangan hingga batas cengkeraman masing-masing empat roda dengan sistem kontrol yang berfokus pada pengemudi yang prioritas tertingginya adalah kenikmatan berkendara. Hal ini meningkatkan level grip secara maksimal dan menstabilkan posisi bodi mobil," tulis STI.

Di sisi lain, menurut Yamaha proyek ini dikembangkan untuk menjadi 'emotional electric engines' yang memanfaatkan teknologi dan rasa. Hal ini menjadi core Yamaha dalam mengembangkan teknologi motor listrik untuk STI E-RA ini.

"Lebih lanjut, berkat teknologi pengecoran dan permesinan kami yang diperoleh melalui pengembangan mesin, adopsi konduktor segmen efisiensi tinggi, dan banyak lagi, unit ini mencapai output tinggi dengan ukuran yang ringkas," tulis Yamaha dalam keterangan resminya.

STI E-RA concept ini dipajang oleh Subaru pada ajang Tokyo Auto Salon 2022 yang berlangsung selama tiga hari dari Jumat (14/1/22) hingga Minggu (16/1/22). Pameran otomotif ini digelar di Makuhari Messe International Convention Complex.



Simak Video "Kenapa Subaru Forester Diimpor dari Jepang, Kan Bisa dari Malaysia?"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)