Rabu, 16 Okt 2019 19:26 WIB

Belum Kapok, TransJakarta Masih Mau Pakai Bus China

Dina Rayanti - detikOto
Bus Zhongtong. Foto: Agung Pambudhy Bus Zhongtong. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kasus terbakarnya bus China yang menjadi armada TransJakarta beberapa tahun silam, tak membuat sang operator PT Transportasi Jakarta kapok untuk kembali menggunakannya. Meski mengaku lebih selektif, TransJakarta masih membuka tangan untuk menggunakan bus China sebagai armadanya.

"Nggak boleh begitu, kalau bisa kita mencari yang terbaik apapun itu ya. Eropa, China apapun itu pasti kita akan ambil, kenapa ya karena balik lagi keselamatan ya," jelas Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo dalam tayangan video 20 detik.


Nadia menambahkan, pihaknya juga bakal lebih ketat soal layanan purnajual dari perusahaan bus China sebagai penyedia armada TransJakarta ke depannya.

"Faktor safety dan keandalan barang itu serta suku cadang, servisnya, kalau memang dia nggak ready servis kita nggak berani, mau nyari kemana ya kan kalau ada apa-apa dan pertanggung jawabannya seperti apa," tambah Nadia.

Bus Zhongtong jadi armada TransJakartaBus Zhongtong jadi armada TransJakarta Foto: Agung Pambudhy


Seperti diketahui, bus China merek Zhongtong baru-baru ini kembali menyapa warga Jakarta karena digunakan Perum PPD sebagai armada TransJakarta.


Sebenarnya, bus-bus tersebut bukan didatangkan pada tahun ini, melainkan telah tiba di Jakarta pada 2016. PT TransJakarta mengatakan pengadaan bus itu didasari kontrak 2013 dan kini dioperasikan atas putusan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI).

Setidaknya ada 29 bus Zhongtong yang digunakan sebagai armada TransJakarta. Pernah terbakar, TransJakarta pun bakal memberikan perhatian ekstra terhadap 29 bus-bus tersebut.

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Bus TransJakarta Ringsek Usai Tabrak Separator di Jalan S Parman"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com