Cara Menghindari Jadi Korban Ketok Harga di Bengkel Resmi

ADVERTISEMENT

Cara Menghindari Jadi Korban Ketok Harga di Bengkel Resmi

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 10 Jun 2022 18:50 WIB
Mobil dirawat di bengkel Toyota
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah 'ditembak' harga mahal saat servis di bengkel resmi.Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Ada sejumlah pemilik mobil yang enggan pergi ke bengkel resmi untuk melakukan perawatan. Biasanya alasan yang diutarakan adalah biaya. Tak bisa dipungkiri memang, biaya servis maupun komponen di bengkel resmi memang cenderung lebih mahal ketimbang bengkel umum.

Tidak sedikit juga yang menganggap servis di bengkel resmi kerap dimanfaatkan oleh oknum mekanik tak bertanggung jawab. Untuk menghindari hal tersebut, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna menyarankan ada beberapa langkah yang bisa dilakukan konsumen.

1. Cek Bersama dengan Service Advisor

Pertama, konsumen bisa mengikuti Service Advisor melakukan pengecekan sekeliling mobil. Kamu juga bisa menyampaikan keluhan yang dirasa sembari meminta penjelasan kepada Service Advisor untuk selanjutnya dicek kebenarannya.

"Nah ini kita bisa menjelaskan apa aja yang terjadi kita lihat bareng-bareng, oh ternyata kondisi sekarang seperti ini dan lain sebagainya. jadi keluhan pelanggan seperti itu belum tentu semua terlihat, terdeteksi semua. tapi setelah walk around check kita baru tahu," ungkap Suparna saat dihubungi detikcom, Kamis (9/6/2022).

2. Konfirmasi Ulang

Setelah mengecek bersama, nantinya Service Advisor akan memberikan estimasi biaya yang harus dibayarkan konsumen. Termasuk apa saja pekerjaan yang bakal dilakukan oleh mekanik. Kalaupun biaya yang ditaksir melebihi budget, maka sebaiknya kamu berbicara jujur kepada Service Advisor.

Nantinya Service Advisor akan memberikan saran terbaik apa yang harus dilakukan lebih dulu sekaligus menyesuaikan dengan budget. Kamu juga berhak menolak saran dari Service Advisor tersebut jika dirasa tidak sesuai.

"Nggak ada dipaksa, kita sesuai buku servis, kita berikan estimasi. kita terangkan yang dikerjakan, sesuai customer, diterangkan lagi selesai pekerjaan, part bekas ditunjukan," beber Suparna.

3. Melihat Pekerjaan Langsung

Kalau merasa kurang yakin, kamu bisa langsung melihat pekerjaan yang dilakukan mekanik. Bisa juga bertanya sekaligus menyampaikan keluhan yang dirasa. Kamu juga berhak mengajukan komplain kalau pekerjaan yang dilakukan tidak sesuai dan tidak ada perbaikan pada mobil. Biasanya bengkel resmi memberikan garansi dalam periode tertentu usai melakukan servis.

"Kalau ada oknum, belum tentu kebenarannya jangan di generate ke yang lain. Kalau misalnya seperti itu sudah tutup sejak dulu dong tapi kan bengkel resmi masih ada dan diberikan kepercayaan," kata Suparna.

Simak Video 'Servis Mobil di Bengkel Resmi Takut Ditembak Harga? Ini Penjelasannya':

[Gambas:Video 20detik]



(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT