Jangan Tunggu Gerah, Ini Waktu Ideal Servis AC Mobil

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 31 Des 2020 20:51 WIB
Peranti pendingin udara (AC) mobil memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting dalam menciptakan kenyamanan berkendara, oleh karena itu perlu perhatian dan kemauan untuk meerawatnya.
Ilustrasi AC Mobil Foto: Pool (Bornrich)
Jakarta -

Air Conditioner (AC) kini jadi fitur kenyamanan mobil. Sistem penyejuk udara itu juga perlu dirawat agar tidak merogoh kocek lebih dalam karena masalah di kemudian hari. Lalu kapan waktu ideal servis AC Mobil?

Dijelaskan Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang DKI I bahwa jangan menunggu AC rusak atau tak berfungsi, lalu baru di bawa ke bengkel. Ada servis periodik yang perlu dilakukan pemilik mobil supaya performa AC tetap optimal.

"Mengenai AC, sering saya dengar 'Ah AC saya masih dingin, nggak usah diservis, nanti saja', nah itu keliru. Kalau servis AC nunggu panas maka yang akan terjadi adalah biaya yang langsung besar. Kami sarankan servis AC dilakukan secara berkala, sifatnya pembersihan filter, kemudian evaporator, bisa melakukan servis AC ringan setiap kelipatan 10 ribu," kata Indah saat live di Tanya Bengkel Auto2000, Kamis (31/12/2020).

Umumnya masalah pada AC ialah hembusan angin kecil dan bergemuruh dari kisi-kisi AC. Hal itu disebabkan oleh filter kabin atau evaporator yang kotor. Sebaiknya, jika AC mobil timbul gejala seperti itu, segera dibersihkan agar hembusan angin kembali normal.

Bagaimana dengan freon?

Freon kerap jadi kambing hitam bila kabin mobil tidak lagi dingin ketika AC dinyalakan. Sebab feon berfungsi sebagai cairan utama pada sistem AC yang dapat mengubah gas melalui evaporator. Dengan kata lain cara kerja AC sendiri tak lepas dari cairan kimia bernama refrigerant atau akrab dikenal dengan sebutan freon.

Freon bisa berkurang bahkan habis sehingga membuat hembusan udara AC hanya berupa angin tanpa ada kesejukan.

Salah satu penyebab, yakni adanya kerenggangan dan lubang pada karet seal di sambungan selang dan pipa juga jadi penyebab mengapa freon bocor. Maka solusi yang tepat adalah mencari penyebab kebocoran, menambalnya, lalu mengisi ulang freon AC segera.

Namun risiko kebocoran freon ini sangat kecil. Tapi dalam kondisi tertentu, umur freon AC ini bisa menua dan mengurangi kemampuannya untuk mendinginkan ruangan. Hal ini bisa disebabkan karena intensitas penggunaan AC itu sendiri, atau karena usia kendaraannya.

"Freon perlu ditambah tidak? perlu bisa jadi. Setiap kelipatan 20 ribu selain pembersihan, pencucian evaporator, juga menambahkan freon AC, sekali lagi dilakukan setiap kelipatan 20 ribu," jelas Indah.

Beberapa waktu yang lalu, Workshop Manager ProQ sebagai workshop resmi Denso, Heru Wibowo bilang ada komponen lain pada AC yang perlu diperhatikan saat di kelipatan 20 ribu kilometer.

Ia menyebut, kompresor adalah jantungnya sistem AC. Bagian itulah yang membutuhkan pelumasan. Dan pelumas kompresor harus diganti secara rutin jika tidak ingin kompresor jebol.

"Semua kompresor dengan tipe apa pun dia bergerak dengan kompresi. Yang namanya kompresor itu pasti ada piston, mesin apapun. Nah, piston ini bergerak dengan mengkompresikan. Sistemnya dia membutuhkan pelumasan. Bayangin kalau oli itu enggak pernah diganti. Pasti ujung-ujungnya yang rusak kompresor," ujar Heru.

Tujuan pelumasan tersebut, lanjut Heru, adalah untuk melumasi dinding-dinding liner dan piston. Jika oli tidak diganti, maka kompresor dipaksa bekerja dan berakhir dengan kondisi kompresor yang 'ngorok' dan biasanya harus diganti baru.

Untuk itu, Heru menyarankan, ganti oli kompresor secara rutin setiap 20.000 kilometer (km) atau satu tahun. Jangan sampai Anda merogoh kocek lebih dalam untuk mengganti kompresor.

"Jangan sampai tiba-tiba kompresor rusak. Mobil semurah apa pun, kompresor rusak pasti akan mengganggu masalah finansialnya. Perawatan rutin lebih murah. Intinya lebih baik mencegah daripada mengobati," katanya.

Tak hanya kompresor yang diperhatikan. Heru menyarankan agar komponen lain dalam AC dicek dan dibersihkan secara rutin juga.

"Perawatan itu filter kabin bersihkan tiap 3 bulan sekali, evaporator bersihkan 6 bulan. Untuk kompresor 1 tahun atau 20.000 km," katanya.



Simak Video "Berapa Menit Sebaiknya Kendaraan Dipanaskan Saat Lama Tak Digunakan?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)