Hobi Main Motuba, Iqbaal 'Dilan' Bisa Bongkar Pasang Pelek dan Ban Sendiri

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 27 Des 2020 09:29 WIB
Iqbaal Dilan hobi main motuba
Iqbaal Dilan hobi main motuba. Foto: Screenshot Youtube Iqbaal Ramadhan
Jakarta -

Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan kini sedang menggeluti hobi baru di bidang otomotif. Artis yang naik daun lewat perannya di film 'Dilan 1990' itu lagi senang banget dengan motuba alias mobil tua bangka. Iqbaal bahkan mencoba merawat mobilnya dengan tangan sendiri, termasuk urusan mengganti ban dan pelek.

Seperti dalam video yang diunggah di akun Youtube pribadinya, Iqbaal membagikan momen saat dirinya mengganti ban dan pelek mobil kesayangannya, Honda Grand Civic Nouva berwarna putih lansiran 1990. Iqbaal hendak mengganti ban dan pelek mobilnya agar tampil lebih menarik sesuai seleranya.

"Gua hari ini pengen ganti suasana. Jadi pelek ini gua pake dari sejak seminggu pertama beli mobil ini. Gua mau coba bereksperimen ganti pakai pelek white sport courage R14," kata Iqbaal, dalam video berjudul 'Belajar Ganti Velg Sendiri', yang diunggah pada Jumat (25/12).

Iqbaal 'Dilan' ganti ban mobil sendiriIqbaal 'Dilan' ganti ban mobil sendiri Foto: Screenshot Youtube Iqbaal Ramadhan

Sebelumnya Iqbaal menjelaskan jika dia sudah melihat berbagai video tutorial mengganti ban di Youtube. Ia juga mengaku sudah pernah diajari melakukan penggantian dua komponen roda mobil tersebut.

Tanpa berlama-lama, artis yang pernah tergabung dalam grup vokal Coboy Junior (CJR) itu pun langsung mempraktekkan cara membuka roda mobilnya.

Pertama-tama ia mengendurkan keempat baut pelek di ban depan sebelah kiri. Setelah itu, ia menggunakan dongkrak agar roda terangkat, dan selanjutnya melepas keempat baut tersebut.

Setelah roda terlepas, Iqbaal pun langsung memasang ban baru yang sudah terpasang bersama peleknya. Ia pun sedikit berbagi tips saat ingin memasang keempat baut itu lagi.

"Another tips, ketika lo pasang baut atau nyopot baut, yang gua pelajari dan yang gua dikasih tahu adalah, lo harus melakukannya secara diagonal (atau menyilang). Kenapa? Supaya hasilnya presisi," jelasnya.

Setelah keempat baut roda terpasang, Iqbaal kembali menurunkan dongkraknya dan lanjut mengencangkan keempat baut tersebut. Metode penggantian roda serupa pun kembali ia lakukan saat mengganti roda belakang sebelah kiri.

"Akhirnya di umur 20 ini, gua bisa ganti ban, gua bisa ganti pelek. Dan kayaknya ini sesuai dengan ekspektasi gua sih. Dan look-nya jadi terlihat lebih racing," kata artis kelahiran Surabaya itu.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Bastian Steel Jawab Soal Pertengkarannya dengan Iqbaal Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)