Jumat, 02 Okt 2020 08:47 WIB

Penyebab Mesin Mobil Tidak Hidup saat Distarter Bukan Cuma Aki Soak

Ridwan Arifin - detikOto
Banjir beberapa waktu lalu tidak hanya merendam rumah, mobil pun ikut terendam. Kini mobil-mobil yang sempat terendam banjir mulai diperbaiki. ilustrasi mobil mogok (Agung Pambudhy)
Jakarta -

Mesin mobil yang sulit dihidupkan jadi perkara menjengkelkan, apalagi terjadi saat momen yang Anda tidak inginkan. misalnya sedang terburu-buru. Kira-kira apa penyebab mesin mobil tidak hidup ketika di-starter?

Mengutip laman Auto2000, Jumat (2/10/2020) penyebab mobil tidak bisa hidup saat di-starter umumnya karena bagian baterai atau aki mobil sudah mulai usang ataupun soak. Komponen penyimpan energi listrik pada mobil ini memang akan mengalami penurunan fungsi seiring jangka waktu pemakaian.

Lebih lanjut dalam laman Yourmechanic disebutkan jika memutar kunci di posisi on, dan indikator dashboard menyala, sedangkan lampu redup, perlu memeriksa baterai beserta kabelnya. Selain karena aki, ada penyebab lain mobil tidak bisa nyala.

Jika Anda memutar kunci ke posisi on dan tidak ada yang menyala, kemungkinan baterai benar-benar soak atau ada masalah besar di dalam mobil. Kemungkinan bagian lain seperti pompa bahan bakar, filter bahan bakar, busi, atau kabel pengapian.

Ya, busi yang kotor bisa jadi salah satu penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter. Debu dan kotoran dapat menghambat percikan bunga api ketika proses starter dijalankan. Karenanya, Anda harus rutin melakukan pembersihan pada busi untuk mencegah kotoran menempel. Gosok bagian busi yang kotor dengan cairan penetran khusus.

Namun, bisa juga busi sudah tak dalam kondisi baik sehingga mobil susah dinyalakan saat kondisi mesin masih panas. Saat temperatur mesin sudah menurun, barulah mobil dapat dinyalakan. Kalau seperti ini kondisinya, maka ada baiknya segera mengganti busi dengan yang baru agar tak menghambat kinerja mobil.

Mesin mobil yang tidak bisa dihidupkan juga bisa datang dari dinamo ampere atau kerap disebut alternator, ini adalah komponen penting yang berfungsi mengalirkan listrik ke aki. Apabila dinamo ampere rusak, maka ia dapat menjadi penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter.

Namun, perlu diketahui bahwa dinamo ampere bukanlah komponen yang gampang rusak. Artinya, bila komponen ini menurun performanya, bisa dipastikan bahwa penyebabnya adalah usia pakai yang sudah lebih dari delapan tahun.

Penyebab lain mobil tidak dapat dihidupkan adalah sensor posisi crankshaft yang mengalami masalah. Sebab, komponen ini berupa kumparan listrik yang sangat mungkin mengalami short circuit (korslet) bila terkena panas berlebih. Kebetulan, posisi komponen ini memang sangat berdekatan dengan mesin yang akrab dengan suhu tinggi.

Masalahnya, komponen-komponen ini juga sangat terpengaruh dengan faktor usia. Sehingga, bisa saja ketika tengah asyik berkendara tiba-tiba engine lamp menyala.



Simak Video "Perkenalkan! Xpander dan Xpander Cross Spesial Bernuansa Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com