ADVERTISEMENT

Sayonara.. Ini Motor yang Disuntik Mati di RI Sepanjang Tahun 2021

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 26 Des 2021 16:24 WIB
Jakarta -

Menjelang tutup tahun 2021, tak hanya jadi saksi kelahiran sepeda motor baru tapi juga tamatnya dua produk motor alias tak dijual lagi buat konsumen Indonesia.

Dua produk itu berada di segmentasi yang berbeda. Pertama jenis skutik. Honda SH150i tak lagi menemani jajaran skutik premium PCX 160, ADV 150 hingga Forza 250. Rupanya AHM sudah menyetop penjualan motor skutik bergaya Eropa tersebut.

"Iya (sudah tidak lagi dijual di Indonesia)," tutur General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor Ahmad Muhibbuddin saat dikonfirmasi detikcom, beberapa waktu yang lalu.

Motor yang meluncur pada ajang Indonesia International Motor Show 2017 itu nasibnya sudah berakhir di Indonesia.

Ditengarai SH150i yang diimpor dari Vietnam ini berhenti dijual karena segmentasinya terbatas. Penjualannya pun berbeda jauh dari skutik premium Honda seperti PCX160.

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skutik premium bergaya Eropa, Honda SH150i. Motor ini berdesain timeless elegan untuk memenuhi gaya hidup kaum urban. Foto : Rangga Rahadiansyah/detikotoHonda SH150i Foto : Rangga Rahadiansyah/detikoto Foto: Rangga Rahadiansyah

Misalnya pada tahun peluncurannya pada 2017, berdasarkan data penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI). Selama tujuh bulan dari Juni sampai Desember 2017, Honda SH150i hanya menjual 140 unit.

Sebagai informasi, Honda SH150i dibanderol di atas Rp 40 juta. Skutik ini dibekali sejumlah fitur modern, seperti Honda Smart Key dan sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System).

(Halaman selanjutnya: motor bebek yang disuntik mati pada tahun 2021)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT