Sayonara! Ini Deretan Mobil yang Disuntik Mati di Indonesia Sepanjang 2021

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 01 Des 2021 07:49 WIB
Honda Jazz Terbaru 2017
Ilustrasi mobil yang sudah disuntik mati Foto: Dina Rayanti
Jakarta -

Sepanjang Januari-November 2021 terdapat mobil baru yang meluncur di Indonesia. Tapi di sisi lain, tahun ini juga menjadi saksi tamatnya beberapa mobil alias tidak dijual lagi buat konsumen di Tanah Air.

Dalam catatan detikOto, sepanjang Januari-November 2021 sudah lima model dari beragam pabrikan yang disuntik mati atau disetop penjualannya. Alasannya bervariasi, mulai dari emisi yang tak lagi cocok dengan regulasi hingga penjualan mobilnya yang terus menurun.

Berikut ini mobil yang disuntik mati pada tahun 2021 yang redaksi detikOto rangkum.

1. Outlander Sport

PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) buka suara terkait nasib Outlander Sport di Indonesia. Pada awal tahun 2021, MMKSI tak lagi menjual pencetus SUV kompak di Indonesia.

Memang tren penjualan mobil ini terus merosot dari tahun ke tahun. Dimulai sejak 2012, Mitsubishi tercatat bisa mendistribusikan Outlander Sport sebanyak 5.118 unit. Masuk tahun kedua tepatnya 2013, distribusi Outlander Sport mulai menurun. Saat itu 4.706 unit Outlander Sport dikirim ke dealer.

Enam tahun berselang, menjual 1.000 unit Outlander Sport saja sulit dilakukan Mitsubishi. Terakhir sepanjang 2018, distribusi Outlander Sport hanya 816 unit.

2. Isuzu Panther

Mobil MPV dengan jargon "Rajanya Diesel" ini tak bertahan di industri otomotif Tanah Air. Selama tiga dekade, Isuzu Panther sudah terjual 433.117 unit termasuk varian minibus dan pikap. Isuzu fokus ke kendaraan komersial seperti D-Max, Traga Isuzu Elf, dan Giga, serta segmen penumpang MU-X.

Penjualannya semakin menurun tergerus oleh berbagai model-model terbaru dari berbagai brand otomotif di Indonesia. Bukan tanpa usaha, mobil ini hadir di Indonesia dan telah mengalami 4 kali perubahan. Secara model, sejak lahir tahun 1991 Isuzu juga terus menyempurnakan tampilan Panther. Terakhir, Panther tercatat dipermak pada tahun 2013.

Selain itu Panther diketahui bentrok dengan aturan Euro4 yang bakal berlaku pada mobil diesel, yang molor menjadi April 2022 dari rencana awal April 2021.

3. Nissan Terra

Nissan Terra tak lagi terpampang menemani line up SUV seperti X-Trail, Kicks e-Power, dan Nissan Magnite. Padahal Nissan Terra digadang bisa mendobrak dominasi SUV ladder frame Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Menghilangnya Terra dari situs resmi sudah terlihat sejak Februari 2021.

Saat dikonfirmasi, Head of Marketing-Communication Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI), Julian Olmon membenarkan jika Nissan Terra sudah tidak lagi tersedia di jaringan penjualan Nissan. Namun ia juga tidak menyebut Terra tak lagi datang ke Indonesia dengan model baru.

Jika mengutip data wholesales (pabrik ke dealer) Gabungan Asosiasi Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Nissan belum semoncer Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Disinyalir untuk menghabiskan stok, pertengahan tahun lalu bahkan, Nissan Terra sudah didiskon hingga ratusan juta rupiah.

Simak video 'Kapan Honda Produksi Mobil Pesaing Raize-Rocky?':

[Gambas:Video 20detik]



(selanjutnya: dua mobil yang disuntik mati)