Staria Mengaspal di Indonesia, Hyundai Mau Suntik Mati H1?

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 24 Agu 2021 12:52 WIB
Meramaikan gelaran Piala Dunia, PT Hyundai Indonesia meluncurkan Hyundai H-1 terbaru. Penasaran?
Nasib Hyundai H1 setelah datangnya Hyundai Staria. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Hyundai Staria resmi hadir di Indonesia untuk mengisi segmen MPV bongsor dengan kelas yang lebih premium. Yang menjadi pertanyaan, apakah kehadiran Staria akan diproyeksikan sebagai pengganti MPV bongsor Hyundai H1?

Sales Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Erwin Djajadiputra, mengatakan bahwa kehadiran Staria bukan untuk menggantikan posisi Hyundai H1. Hal ini karena kedua mobil tersebut memiliki pangsa pasar yang berbeda, meski sama-sama mengusung konsep MPV bodi besar.

"Jadi memang Hyundai Staria ini adalah platform yang berbeda dengan Hyundai H1. Jadi kita tetap memasarkan kedua-duanya, jadi ada Hyundai H1, serta ada Staria yang baru kita launching. Staria lebih ke MPV premium," kata Erwin, dalam konferensi pers secara virtual, belum lama ini.

Hyundai StariaHyundai Staria Foto: Dok. Hyundai Motors Indonesia (HMID)

Ditambahkan Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur, Staria diposisikan sebagai MPV premium dengan fitur-fitur keamanan yang lengkap.

Jika dibandingkan dengan H1, fitur safety di Staria memang lebih banyak. Antara lain ada Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Warning (BCW), Blind-Spot View Monitor (BVM), serta Safe Exit Assist (SEA) dan Safe Exit Warning (SEW).

Tak hanya itu, masih ada fitur Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) dan Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW). Kemudian ada fitur Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA), Surround View Monitor (SVM), Smart Key dan fitur Smart Power Tailgate, serta Smart Power Sliding Door.

Dari segi harga, Staria juga lebih mahal daripada H1. Sebagai informasi, H1 dibanderol dengan rentang harga Rp 508 juta hingga Rp 580 juta. Sementara Staria harganya mulai Rp 888 juta hingga Rp 1.020.000.000.

(lua/din)