ADVERTISEMENT

Honda Odyssey Setop Produksi, Stoknya Tinggal Segini di Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 15 Des 2021 21:58 WIB
Honda Odyssey
Foto: Dok. Honda Prospect Motor (HPM). Honda Odyssey.
Jakarta -

MPV mewah Honda Odyssey dipastikan bakal disuntik mati oleh Honda Jepang. Hal ini pun berimbas terhadap ketersediaan Odyssey di Indonesia. Pihak PT Honda Prospect Motor (HPM) hanya akan menjual unit Odyssey yang tersisa sampai habis. Lalu tinggal berapa unit ya stok Odyssey di Indonesia?

Honda Odyssey bakal berhenti produksinya di Jepang seiring ditutupnya pabrik Honda di Sayama, Prefektur Saitama. Pabrik itu dijadwalkan bakal ditutup pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2022. Honda telah memutuskan untuk tidak memindahkan produksi Odyssey ke tempat lain.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, benar (bahwa) Honda Odyssey adalah salah satu dari beberapa produk yang dihentikan produksinya di Jepang sehubungan dengan rencana penutupan pabrik lama Honda di Sayama di akhir tahun ini," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy, pada Juni 2021 lalu.

Ketika dikonfirmasi wartawan di sela-sela kegiatan peluncuran mobil baru Honda & aktivitas CSR (Corporate Social Responsibility) di Jakarta-Bogor, Rabu (15/12/2021), Billy menegaskan bahwa nasib Odyssey hampir pasti juga akan berakhir di Indonesia.

Memang jika dilihat di situs resmi Honda Indonesia, pihak HPM masih memajang model dan harga Honda Odyssey terbaru. Itu karena memang hingga saat ini mobil mewah pesaing Toyota Alphard tersebut masih dijual, kendati jumlahnya sangat terbatas.

"Odyssey masih sisa sekitar 62 unit. Di dalamnya ada 35 unit yang akan di wholesales-kan ke jaringan distributor kami di bulan ini. (Odyssey) akan dijual sampai habis yah," kata Billy.

Kendati nantinya bakal tidak dijual lagi, HPM tetap menjamin suplai kebutuhan suku cadang mobil seharga Rp 898,9 juta tersebut. Jadi calon konsumen tidak perlu ragu-ragu jika ingin meminang Odyssey dalam waktu dekat ini.

Dikutip dari Asia Nikkei (18/6) tidak hanya Odyssey yang bakal disetop produksinya oleh Honda. Dua mobil lainnya, yakni Clarity dan Legend yang juga dirakit di pabrik Sayama, Prefektur Saitama, akan diberhentikan pula produksinya.

Di Indonesia, Honda Odyssey pertama kali diperkenalkan pada 2005. Selanjutnya pada 2010 generasi keempat Honda Odyssey kembali dikenalkan. Pada Januari 2014, generasi kelima masuk ke Tanah Air. Sedangkan pada 2018 lalu, mobil ini mengalami sedikit perubahan di bagian eksterior dan interior. Odyssey juga baru saja disegarkan untuk pasar Tanah Air pada Februari 2021. Namun sayangnya, mobil ini justru akan dihentikan produksinya.

(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT