Honda Odyssey Setop Produksi, Begini Nasibnya di Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 18 Jun 2021 16:55 WIB
Honda Odyssey Facelift 2021
Honda Odyssey Foto: Honda Prospect Motor
Jakarta -

MPV mewah Honda Odyssey bakal berhenti produksinya di Jepang. Kebijakan ini seturut dengan nasibnya di Indonesia.

Mobil pesaing Toyota Alphard ini diproduksi di pabrik Sayama, Prefektur Saitama. Pabrik tersebut dijadwalkan akan ditutup pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2022. Honda telah memutuskan untuk tidak memindahkan produksinya ke tempat lain.

Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor HPM Yusak Billy menyatakan kabar penutupan fasilitas tersebut tak langsung memutus rantai suplai Honda Odyssey di Indonesia. Berdasarkan informasi yang diperolehnya, Odyssey masih terus diproduksi paling tidak hingga akhir tahun 2021.

Seperti diketahui Honda Odyssey yang beredar di Indonesia merupakan barang impor CBU (Completely Built Up) dari Jepang.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, benar Honda Odyssey adalah salah satu dari beberapa produk yang dihentikan produksinya di Jepang sehubungan dengan rencana penutupan pabrik lama Honda di Sayama di akhir tahun ini," kata Billy saat dihubungi detikcom, Jumat (18/6/2021).

Meski demikain, HPM tetap memasarkan Honda Odyssey di Indonesia. Termasuk dengan suplai kebutuhan suku cadang dari mobil seharga Rp 888 juta ini.

"Untuk saat ini kami mash memasarkan Honda Odyssey di Indonesia, dan tetap menjamin ketersediaan parts dan suku cadang di model ini," sambung Billy.

Di Indonesia, Honda Odyssey pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005 selanjutnya pada tahun 2010 generasi keempat Honda Odyssey kembali diperkenalkan. Pada Januari 2014, generasi kelima masuk ke Tanah Air. Sedangkan pada 2018 lalu, mobil ini mengalami sedikit perubahan di bagian eksterior dan interior. Bahkan mobil ini baru saja disegarkan untuk pasar Tanah Air pada Februari 2021.

Bagaimana dengan kemungkinan usai tahun 2021, apakah HPM menyudahi penjualan Odyssey?

"Nanti kita update perkembangan untuk penjualannya ya. Produksi yang informasinya stop sampai akhir tahun ini," kata Billy.

Dikutip Nikkei Asia, Jumat (18/6/2021) tidak hanya Odyssey yang bakal setop produksi, dua mobil lainnya; Clarity, dan Legend juga dirakit di pabrik Sayama, Prefektur Saitama.

Angka Penjualan Honda Odyssey di Indonesia tiga tahun terakhir

Melirik data penjualan wholesales (distribusi pabrik ke dealer) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januari - Mei 2021, Honda Odyssey yang diimpor utuh dari Jepang ini terdistribusi 51 unit.

Pada tahun sebelumnya Honda Odyssey mencatatkan distribusi sebanyak 112 unit. Di mana angka distribusi tertinggi tercapai pada bulan Februari, yakni 34 unit. Lalu pada tahun 2019, angka pengiriman lebih baik dari dua tahun terakhir, yakni 229 unit.



Simak Video "Diskon PPnBM 100% Diperpanjang, Segini Diskon Mobil Honda"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)