Lihat Lagi Motor Modifikasi Jokowi yang Menghilang di LHKPN

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 15 Sep 2021 12:11 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat memiliki motor modifikasi. Motor modifikasi tersebut juga beberapa kali digunakan Jokowi untuk kunjungan kerja sambil touring atau Sunmori (Sunday morning ride).

Tapi, motor modifikasi bergaya chopper itu tak tercatat lagi di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Motor ini sempat terdata di LHKPN Jokowi yang dilaporkan pada 31 Maret 2018. Pada LHKPN tahun periodik 2019 yang disampaikan 29 Februari 2020, motor Chopperland Jokowi tidak tercatat lagi. Yang terbaru, LHKPN periodik 2020 yang disampaikan 12 Maret 2021 pun tidak tercantum motor Chopperland milik Jokowi.

Jokowi kepincut motor modifikasi bergaya chopper ini sejak 2017. Pada Oktober 2017, bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, Jokowi tertarik dengan motor modifikasi bergaya chopper dengan basis Royal Enfield 350 cc. Motor itu merupakan hasil garapan Elders Garage dan Kickass Choppers.

Setelah acara peringatan Sumpah Pemuda selesai, staf kepresidenan menghubungi modifikator motor chopper tersebut. Staf kepresidenan mengatakan Jokowi berniat memboyong motor tersebut.

Pada 2018, motor berjuluk Chopperland untuk RI 1 itu akhirnya dikirim ke Istana. Motor ini menggunakan basis mesin Royal Enfield 350 cc lansiran 2016. Pembuatan motor memakan waktu satu bulan, sementara rangkanya sendiri dibuat selama 3 bulan.

Presiden Joko Widodo dan putranya Gibran Rakabuming Raka sama-sama pencinta motor. Motor modifikasi keduanya disandingkan di arena Indonesia International Motor Show.Motor Chopperland Jokowi dipajang di Indonesia International Motor Show. Foto: Rengga Sancaya

Secara tampilan, motor chopper Jokowi ini memiliki warna emas di bagian rangka dan tangkinya. Modifikatornya menyebut, semua bagian motor di-custom sendiri kecuali ban, mesin dan shock breaker depan. Sementara tangki, rangka, spatbor, jok, swing arm dibuat sendiri oleh bengkel yang memodifikasi motor ini. Diklaim, 75 persen dari motor chopper Jokowi itu adalah handmade.

Secara spesifikasi, Chopperland milik Jokowi menggendong mesin Royal Enfield Bullet 350 cc satu silinder. Mesin itu dihubungkan dengan transmisi lima percepatan. Di atas kertas, mesin motor tersebut punya tenaga 19,8 daya kuda pada 5.250 rpm dengan torsi maksimal 28 Nm pada 4.000 rpm.

Jokowi dan Motor Chopper Emas di Istana BogorJokowi dan Motor Chopper Emas di Istana Bogor Foto: Rusman/ Biro Pers Setpres

Chooperland tersebut dijual kepada Jokowi dengan harga Rp 140 juta. Di LHKPN yang dilaporkan Jokowi pada 2018, tercatat motor Chopperland lansiran 2017 itu merupakan hasil sendiri dengan nilai Rp 140 juta.

Motor modifikasi Jokowi tak cuma Chopperland. Ada apa lagi motor milik Jokowi? Simak halaman berikutnya.