Rumor Kemunculan Innova Hycross, Begini Tanggapan Toyota

ADVERTISEMENT

Rumor Kemunculan Innova Hycross, Begini Tanggapan Toyota

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 27 Mei 2022 14:07 WIB
Kehadiran mobil listrik Toyota Kijang Innova EV Concept gemparkan IIMS Hybrid 2022. Diketahui, mobil listrik itu masih berupa protipe, belum diproduksi massal.
Innova EV Concept Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Toyota dilaporkan tengah menyiapkan Innova dengan elektrifikasi hybrid. Kabar ini muncul dari India, setelah bocornya paten baru dengan merek Innova Hycross. Bagaimana tanggapan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ?

"Belum lihat modelnya kayak apa, gimana mau dikomentarin," ujar Bob Azam, Director for Administration, Corporate & External Affairs, Technical Government Affair PT TMMIN di Semarang, Jawa Tengah.

Dikutip rushlane, Rabu (27/5/2022), kabar Innova Hycross muncul setelah mendaftarkan merek dagang baru di India. Diduga nama ini akan digunakan untuk generasi baru Innova yang rencananya akan diluncurkan awal tahun 2023.

Beberapa kali mobil MPV 7-seater terbaru itu sempat kepergok tes jalan di India. Dari spy shot yang beredar, dimensinya masih sama dengan Innova Crysta yang dijual di negeri Bollywood tersebut.

Rushlane juga menyebut bahwa Toyota Innova Hybrid 2023 akan menggunakan velg yang lebih besar dan lampu ekor LED. Model Innova saat ini meminjam sasis body-on-frame Fortuner dan Hilux, namun generasi berikutnya Innova Hycross disebut mendapatkan platform TNGA (Toyota New Global Architecture), seperti pada mobil-mobil hybrid yang sudah dijual Toyota.

Mobil hybrid jadi salah satu jalan Toyota untuk memerangi emisi di Indonesia. Pabrikan ini sudah menyiapkan fasilitas produksi untuk mobil hybrid. Bob menjelaskan pabrik Toyota di Karawang sudah memiliki cabang jalur atau subline khusus mobil hybrid. Perubahannya tidak banyak, masih terintegrasi dengan mainline dengan produk yang sudah dijual di Indonesia.

"Itu konsepnya, subline. Jadi mainline masih mix sama yang konvensional, tapi ada subline-nya. Berubahnya (jalur produksi) juga tidak terlalu signifikan," ungkap Bob.

Meski sudah terkonfirmasi bakal memproduksi hybrid di Indonesia. Bob belum menyebutkan secara pasti model kendaraan yang akan dibuat di pabrik Karawang. Saat ini sejumlah model Toyota yang sudah tersengat elektrifikasi di Indonesia, ialah Camry, Alphard, Camry, Corolla Altis, Corolla Cross, dan Prius.

"Iya (produksi hybrid dari model yang sudah ada). Itu kan tinggal masalah waktu." tambah dia.

Tapi beberapa waktu yang lalu, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang sudah menyebut bahwa mobil hybrid yang pertama kali dilokalisasi ialah Kijang Innova.



Simak Video "Ternyata Nggak 'Mahal', Segini Harga Baterai Innova Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT