Siap-siap! Toyota Sudah Punya Jalur Khusus Mobil Hybrid di Pabrik Karawang

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 27 Mei 2022 07:05 WIB
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia merupakan perakit produk Toyota sekaligus eksportir kendaraan dan suku cadang Toyota di Indonesia. Salah satu pabriknya berada di Sunter, Jakarta.
Ilustrasi pabrik Toyota Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah mempersiapkan jalur khusus untuk produksi mobil hybrid. Persiapannya sudah oke, tinggal menunggu waktu peluncuran mobil hybrid buatan Karawang yang rencananya dimulai tahun 2022.

"Pokoknya sudah disiapkan, karena kan kita sudah komitmen memproduksi hybrid. Latihannya, infrastruktur," Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) saat ditemui di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (26/5/2022).

Bob menjelaskan pabrik Toyota di Karawang sudah memiliki cabang jalur atau subline khusus mobil hybrid. Perubahannya tidak banyak, masih terintegrasi dengan mainline dengan produk yang sudah dijual di Indonesia.

"Itu konsepnya, subline. Jadi main line masih mix sama yang konvensional, tapi ada subline-nya. Berubahnya (jalur produksi) juga tidak terlalu signifikan," ungkap Bob.

"Iya (produksi hybrid dari model yang sudah ada). Itu kan tinggal masalah waktu.

Bob menambahkan selain infrastruktur, mata rantai pasokan komponen juga menjadi perhatian. Sebab, produk yang sudah memiliki line up hybrid berpotensi malah lebih laris.

"Cuma supply chain yang harus disiapkan, karena komponennya harus sustain. Kita juga sudah ada pengalaman, negara lain estimasi konvensional 70 persen, hybrid-nya 30 persen. Begitu diluncurkan, ternyata hybrid-nya malah 70," kata Bob.

"Mestinya seperti itu (model hybrid bisa lebih laris di Indonesia, Red), karena efisiensi bahan bakar," tambah dia.

Meski sudah terkonfirmasi bakal memproduksi hybrid di Indonesia. Bob belum menyebutkan secara pasti model kendaraan yang akan dibuat di pabrik Karawang. Saat ini sejumlah model Toyota yang sudah tersengat elektrifikasi di Indonesia, ialah Camry, Alphard, Camry, Corolla Altis, Corolla Cross, dan Prius.

Tapi beberapa waktu yang lalu, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang sudah menyebut bahwa mobil hybrid yang pertama kali dilokalisasi ialah Kijang Innova.

"PT Toyota juga menyampaikan komitmen untuk memproduksi beberapa jenis kendaraan elektrifikasi yang akan diawali dengan Kijang Hybrid. dan kami akan terus mendukung dan mendorong percepatan produk elektrifikasi atau kendaraan listrik murni," kata Agus dalam sambutannya di acara Peresmian Pencapaian Produksi Ekspor 2 Juta Unit Toyota, Selasa (15/2/2022).

Toyota telah mengakui akan memproduksi kendaraan HEV (Hybrid Electric Vehicles) secara lokal mulai 2022 untuk pasar domestik dan ekspor.

Menperin tahun lalu juga telah berkunjung ke Jepang untuk menemui principal otomotif. Dalam presentasi yang dipaparkan Agus saat itu, ada beberapa bocoran model baru yang bakal diluncurkan pabrikan otomotif asal Jepang. Toyota akan memproduksi 10 mobil hybrid, termasuk 5 mobil plug-in hybrid. Salah satu mobil hybrid yang akan diproduksi di Indonesia adalah Toyota Kijang Hybrid yang tertulis tahun 2022.



Simak Video "Toyota Pede Bisa Ekspor 284.000 Unit Mobil Produksi Indonesia Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)