Toyota Innova Hycross, Calon Mobil Baru, Nih?

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 27 Apr 2022 03:09 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto membuka pameran IIMS Hybrid 2022. Dalam kesempatan itu, ia juga menjajal mobil listrik Kijang Innova EV Concept.
Ilustrasi elektrifikasi pada MPV Toyota (Foto: Agung Pambudhy/detikOto)
Jakarta -

Kabar Toyota Innova dengan mesin hybrid santer dibicarakan di Indonesia. Tapi di India, negara yang juga menjual Innova, muncul paten baru dengan merek Innova Hycross.

Toyota telah mendaftarkan merek dagang baru bernama Innova Hycross di India,demikian seperti dikutip dari Rushlane, Selasa (26/4/2022). Diduga nama ini akan digunakan untuk generasi baru Innova yang rencananya akan diluncurkan awal tahun 2023.

Beberapa kali mobil MPV 7-seater terbaru itu sempat kepergok tes jalan di India. Dari spy shot yang beredar, dimensinya masih sama dengan Innova Crysta yang dijual di negeri Bollywood tersebut.

Mobil Diduga Innova Hybrid Muncul di ThailandMobil Diduga Innova Hybrid Foto: Facebook Veloz Club Thailand

Rushlane juga menyebut bahwa Toyota Innova Hybrid 2023 akan menggunakan velg yang lebih besar dan lampu ekor LED. Model Innova saat ini meminjam sasis body-on-frame Fortuner dan Hilux, namun generasi berikutnya Innova Hycross disebut mendapatkan platform TNGA (Toyota New Global Architecture).

Omong-omong, penempatan nama 'Cross' pada Innova tidak terdengar terlalu berlebihan. Sebab Toyota Veloz disebut Veloz Cross di Vietnam.

Di Indonesia, rumor Innova Hybrid menyebar setelah Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan rencana Toyota untuk memproduksi Kijang hybrid di Indonesia.

President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, sudah mengkonfirmasi pabrik Toyota di Karawang mulai memproduksi mobil hybrid tahun ini.

"Tahun ini Toyota Indonesia juga akan berkontribusi nyata menciptakan ekosistem elektrifikasi dengan memulai kendaraan listrik berteknologi hybrid di Karawang Plant," ujar dia beberapa waktu yang lalu.

Kehadiran mobil listrik Toyota Kijang Innova EV Concept gemparkan IIMS Hybrid 2022. Diketahui, mobil listrik itu masih berupa protipe, belum diproduksi massal.Toyota Kijang Innova EV Concept Foto: Agung Pambudhy

Selain memproduksi hybrid, TMMIN juga melakukan studi terhadap mobil listrsik atau BEV (Battery Electric Vehicles) lewa Innova Concept BEV. Dia bilang Toyota mengambil berbagai macam jalan untuk elektrifikasi, mulai dari flexy engine, fuel cell, battery, hidrogen, plug in hybrid.

"Kami juga memperkenalkan konsep studi car Kijang Innova BEV di IIMS sesuai dengan filosofi kami, we make people before we make product. Projek Kijang Innova BEV ini kami lakukan untuk mengembangkan para engineer Indonesia di bidang elektrifikasi," ujar Warih.



Simak Video "Proyek Kijang Innova Listrik Libatkan 100 Teknisi Terbaik Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)