Di Indonesia Loyo, Penjualan Toyota Sienta Buatan Karawang Lebih Oke di Luar Negeri

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 18 Apr 2022 19:09 WIB
Toyota Sienta 2016
Penjualan Sienta di dalam negeri terlihat loyo, tapi di luar negeri lain ceritanya. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Performa penjualan Toyota Sienta secara wholesales di dalam negeri tampak kurang baik, terutama pada kuartal pertama tahun 2022. Sejak awal tahun 2022, Toyota mengalihkan status Sienta menjadi Spot Order. Rupanya hal tersebut juga turut mempengaruhi distribusi wholesales Sienta dari pabrik ke dealer-dealer Toyota seluruh Indonesia.

Tercatat hanya ada 17 unit Toyota Sienta yang terdistribusi wholesales pada Januari-Maret 2022. Tapi diakui PT Toyota Astra Motor, distribusi retail jauh dari angka tersebut yakni sebanyak 162 unit.

"Semenjak awal tahun ini, Sienta kami pindah kan ke Spot Order ya, jadi unit baru akan di produksi setelah ada order yang sudah masuk Toyota. Jadi setiap bulan bisa berbeda-beda wholesales dari Sienta tergantung order dan juga kapasitas dari manufacturingnya," beber Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy saat dikonfirmasi.

Di dalam negeri, Toyota Sienta boleh melempem. Tapi di luar negeri performanya lebih baik. Dalam data ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) masih mengekspor Sienta ke dua negara di kawasan ASEAN yakni Singapura dan Thailand. Kalau ditotal dalam tiga bulan pertama tahun 2022, jumlahnya lebih banyak ketimbang penjualan wholesales dalam negeri.

Sebenarnya bila melihat negara tujuan Sienta 'Made in Indonesia' itu, sudah berkurang. Sienta yang lahir dari pabrik PT TMMIN di Karawang itu sebelumnya juga diekspor ke Malaysia dan Brunei Darussalam. Tak ada penjelasan mendetail mengapa Sienta kini hanya menyasar dua negara di ASEAN.

Ekspor Sienta pada Januari-Maret 2022 mencapai 194 unit atau 10 kali lipat lebih banyak daripada penjualannya di Tanah Air. Sienta merupakan salah satu jagoan MPV Toyota buatan Indonesia di luar negeri. Selain Sienta, MPV toyota lainnya yang diekspor ke mancanegara ada Kijang Innova, Veloz, dan juga Avanza.



Simak Video "Ekspor Mobil 'Made in Indonesia' Meningkat, SUV Suzuki Kian Diminati"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)