Wuling Confero Setia Pakai Penggerak Roda Belakang, Tak Gentar Tarung dengan Avanza Dkk

ADVERTISEMENT

Wuling Confero Setia Pakai Penggerak Roda Belakang, Tak Gentar Tarung dengan Avanza Dkk

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 25 Apr 2022 14:32 WIB
Wuling Confero S Facelfit 2021
Wuling Confero setia pakai penggerak roda belakang. Tak gentar lawan Avanza Cs. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Mobil jenis Low MPV perlahan-lahan sudah mulai beralih menggunakan sistem penggerak roda depan. Tercatat mulai dari Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander, hingga Nissan Livina juga mengusung Forward Wheel Drive (FWD).

Mobil sejuta umat yang sejak tahun 2003 setia menggunakan penggerak roda belakang seperti Toyota Avanza, pun akhirnya beralih ke sistem penggerak roda depan. Pun begitu dengan kembarannya Daihatsu Xenia.

Perbedaan Toyota Avanza dan VelozAvanza dan Veloz kompak pakai penggerak roda depan. Foto: Dok.Toyota Astra Motor

Namun demikian, Daihatsu masih menyediakan satu tipe Xenia dengan penggerak roda belakang yakni tipe 1.3L X MT. Dengan begitu, saat ini mobil Low MPV dengan penggerak roda belakang hanya tersisa Daihatsu Xenia dan Wuling Confero.

Sejauh ini, Wuling Motors Indonesia belum memiliki rencana untuk beralih menggunakan penggerak roda depan pada Confero. Kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan mobil MPV Wuling dengan penggerak roda depan sudah bisa terpenuhi dengan Cortez.

"Jadi platform Confero itu memang, jadi salah satu diferensiasinya juga sih. Beberapa kelompok konsumen kami itu tertarik ke Confero justru karena penggerak roda belakang. Sejauh ini masih mempertahankan," jelas Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko belum lama ini.

Wuling Confero S Facelift 2021Confero transmisi manual juga masih diminati. Foto: Grandyos Zafna

Wuling juga tak terlalu pusing memikirkan persaingan ketat antara model Low MPV. Pun menurut Danang, dengan penggerak roda belakang Wuling Confero masih bisa memenuhi ekspektasi konsumennya.

"Masih dong (bertarung dengan Low MPV lainnya). Kita tidak bertarung kok," lanjut Danang.

Bukan cuma mempertahankan penggerak roda belakang, Wuling juga belum berencana untuk menghadirkan pilihan transmisi otomatis konvensional maupun CVT pada Confero.

Bagi Wuling, dengan transmisi semi otomatis menyerupai motor bebek sudah mencukupi kebutuhan konsumen. Di samping itu, pasarnya juga tidak sebanyak Confero transmisi manual.

"Untuk CVT atau fully automatic kan ada di Cortez. Kita lihatnya di segmen confero series itu demandnya banyak di manual transmission, jadi kita memenuhi demandnya di situ. Manual lebih banyak," pungkas Danang.



Simak Video "Low MPV Baru yang Harganya di Bawah Rp 200 Juta? Cuma Ini Nih!"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT