Ekspedisi 3.000 Km

Road Trip Jakarta-Bali 3.000 Km via Tasik-Yogya, Segini Biaya Tolnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 07 Des 2021 06:26 WIB
Jakarta -

detikOto bersama tim detikTravel dan detikFood melakukan road trip lagi dari Jakarta ke Bali dan kembali ke Jakarta. Ekspedisi 3.000 km bersama Wuling Almaz RS kali ini cukup berbeda karena kami menuju Bali sambil mampir ke beberapa kota.

Road trip ini ditemani oleh Wuling Almaz RS. Sebagai gambaran, kami membawa Wuling Almaz RS dengan posisi penumpang penuh 5 orang (termasuk sopir) dan barang bawaan sejauh lebih dari 3.000 km dari Jakarta ke Bali PP.

Dari Jakarta, kami tidak langsung menuju Bali. Perjalanan ini kami nikmati selama 9 hari dengan rute Jakarta, Tasikmalaya, Purwokerto, Yogyakarta, Banyuwangi, Bali lalu kembali lewat Banyuwangi, Jember, Surabaya, Semarang dan Jakarta. Berdasarkan catatan odometer, perjalanan selama 9 hari ini memakan jarak sejauh 3.139 km.

Kami sengaja mampir ke beberapa kota dalam road trip ini untuk mengunjungi tempat wisata yang mulai pulih setelah diterjang pandemi COVID-19. Tak cuma ke tempat wisata, kami juga mengunjungi beberapa lokasi untuk menikmati sajian kuliner lokal khas di setiap kota yang kami kunjungi. Untuk liputan tempat wisata menarik selama perjalanan road trip ini, kamu bisa baca artikelnya di detikTravel. Untuk sajian kuliner yang kami nikmati selama perjalanan, kamu bisa baca artikelnya di detikFood.

detikOto bersama tim detikTravel dan detikFood melakukan road trip dari Jakarta-Bali dan kembali ke Jakarta sejauh lebih dari 3.000 km. Seberapa tangguh?detikOto bersama tim detikTravel dan detikFood melakukan road trip dari Jakarta-Bali dan kembali ke Jakarta sejauh lebih dari 3.000 km. Seberapa tangguh? Foto: Rifkianto Nugroho

Berapa biaya tol yang dibutuhkan selama perjalanan dari Jakarta sampai Bali dan kembali lagi ke Jakarta? Berikut rinciannya:

Jakarta-Yogyakarta via Jalur Selatan

Tol Dalam Kota: Rp 10.000
Tol Jakarta-Cikampek: Rp 20.000
Tol Cileunyi: Rp 52.500

Dari Cileunyi, kami menempuh perjalanan ke Tasikmalaya, Purwokerto sampai Yogyakarta. Perjalanan dari Cileunyi sampai Yogyakarta tidak mengakses tol karena lewat jalur selatan.

Di hari kedua, kami mengeksplorasi Yogyakarta. Keesokan harinya, perjalanan dilanjutkan dari Yogyakarta langsung ke Banyuwangi dengan jarak sekitar 600 km. Ke Banyuwangi pun perjalanan dilanjutkan lewat jalan Tol Trans Jawa. Berikut rincian biaya tolnya:

Yogyakarta sampai Banyuwangi

Masuk Tol Colomandu sampai Waru Gunung: Rp 282.000
Keluar Tol Grati dari Kejapanan Utama: Rp 51.000

Kami keluar tol di Grati untuk makan siang di Probolinggo. Setelah makan siang, kami melanjutkan perjalanan melalui Jalan Pantura, tidak masuk tol lagi sampai Banyuwangi. Dari Banyuwangi kemudian menyeberang ke Bali.

Selama di Bali, tim ekspedisi 3.000 km mengeksplorasi wilayah utara Pulau Bali. Jadi, selama di Bali kami tidak mengakses jalan tol.

Setelah empat hari di Bali, kami pulang ke Jakarta dengan mampir di beberapa kota. Di antaranya ke Banyuwangi, Jember, Surabaya dan Semarang. Cek halaman berikutnya untuk mengetahui biaya tol yang dihabiskan selama perjalanan pergi-pulang road trip Jakarta-Bali sejauh 3.000 km via Tasikmalaya-Yogyakarta.

Lanjut Halaman Berikutnya