Fitur Wuling Almaz RS Ini Bikin Road Trip Jadi Enggak Capek

ADVERTISEMENT

Ekspedisi 3.000 Km

Fitur Wuling Almaz RS Ini Bikin Road Trip Jadi Enggak Capek

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 01 Des 2021 15:37 WIB
Jakarta -

Wuling Almaz RS dibekali berbagai fitur canggih. Bahkan, jarang ada mobil di kelasnya yang punya fitur canggih ini. Fitur-fitur itu sangat membantu kami dalam melakukan perjalanan ekspedisi 3.000 km dari Jakarta hingga ke Bali.

Kali ini, detikOto bersama tim detikTravel, dan detikFood melakukan road trip dari Jakarta ke Bali dan kembali ke Jakarta sejauh lebih dari 3.000 km. Total jarak yang kami tempuh dalam road trip Ekspedisi 3.000 Km bersama Wuling Almaz RS ini mencapai 3.139 km. Lebih jauh karena kami tidak langsung menuju Bali lewat jalan tol.

Road trip 3.000 km bersama Wuling Almaz RS dilakukan selama 9 hari. Perjalanan dimulai dari Gedung Transmedia di Mampang, Jakarta Selatan, menuju Yogyakarta. Dari Yogyakarta menuju Banyuwangi, lalu menyeberang ke Bali. Di Bali, kami mengeksplorasi lokasi wisata dan sajian kuliner di wilayah utara Bali. Beberapa lokasi wisata di utara Pulau Bali di antaranya Air Terjun Gitgit di Buleleng, Desa Wisata Les, Savana Tianyar, hingga Pantai Lovina.

Dalam perjalanan jauh kali ini, kami sekaligus menguji fitur-fitur canggih di Wuling Almaz RS. Di antaranya adalah fitur-fitur Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Wuling mengemas fitur-fitur itu dalam paket teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang terdiri dari Internet of Vehicle (IoV) serta Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Untuk Internet of Vehicle, terdapat fitur berupa Vehicle Positioning yang menampilkan lokasi terkini kendaraan pada smartphone, Vehicle Remote Control yaitu kendali jarak jauh melalui smartphone untuk memanaskan mesin sekaligus mendinginkan kabin, serta membuka-tutup jendela dan kunci pintu, Geo-Fencing Security untuk memasang 'pagar elektronik' dengan radius tertentu di sekitar kendaraan (jika mobil keluar dari radius yang ditetapkan, notifikasi akan dikirimkan ke smartphone pengguna), Bluetooth Key untuk membuka dan menutup kunci kendaraan melalui koneksi Bluetooth dari smartphone, serta Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App (Pengendara dapat melihat navigasi, memutar musik favorit, ataupun berkirim pesan melalui headunit. Fungsi ini juga didukung oleh perintah suara berbahasa Indonesia (WIND) sehingga konsentrasi selama berkendara dapat selalu terjaga.)

Road Trip 3.000 Km Jakarta-Bali Bersama Wuling Almaz RSRoad Trip 3.000 Km Jakarta-Bali Bersama Wuling Almaz RS Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

Melalui fitur IoV tersebut, kami tidak merasa khawatir soal keamanan mobil ini. Ketika menyeberang dari Banyuwangi ke Bali dan sebaliknya, saat mobil diparkir di kapal sementara kami di tempat penumpang di bagian atas, kami bisa mengecek apakah mobil sudah terkunci, dan memastikan jendela tertutup rapat.

Sesekali juga kami manfaatkan fitur Vehicle Remote Control saat mobil diparkir di tempat terbuka yang panas. Ketika ingin melanjutkan perjalanan, sebelum masuk kabin kami nyalakan dulu mesin dan AC agar tidak terlalu panas.

Fitur lainnya yang memanjakan dalam perjalanan jauh ini adalah Advanced Driver Assistance System (ADAS). Apa saja isi paket ADAS itu?

Simak halaman berikutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT