ADVERTISEMENT

Ekspedisi 3.000 Km

Mau Road Trip? Perhatikan Ini buat Pastikan Kondisi Mobil Prima

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 30 Nov 2021 11:19 WIB
Road Trip 3.000 Km Jakarta-Bali Bersama Wuling Almaz RS
Road Trip 3.000 Km Jakarta-Bali Bersama Wuling Almaz RS. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom.
Jakarta -

Road trip atau perjalanan darat menjadi salah satu cara menghabiskan liburan. Dengan road trip, kita bisa menikmati perjalanan panjang dan bisa mampir untuk menikmati wisata dan kuliner di kota-kota yang kita kunjungi.

Kali ini, detikOto bersama detikTavel dan detikFood kembali melakukan road trip ekspedisi 3.000 km dari Jakarta menuju Bali melalui Tasikmalaya, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya, Banyuwangi, Bali dan kembali ke Jakarta lewat Surabaya dan Semarang. Perjalanan kali ini ditemani Wuling Almaz RS.

Tapi, sebelum melakukan perjalanan jauh untuk melakukan road trip, pastikan kondisi mobil tetap prima. Adi Febrianto Service Advisor Wuling Arista Banyuwangi mengatakan, untuk road trip pemilik mobil harus memastikan mobilnya dalam keadaan normal.

"Pastikan kondisi baterai (aki) dicek, kondisinya normal. Terus tekanan ban disesuaikan. Misalnya kita mau perjalanan jauh kondisi penumpangnya penuh, disesuaikan. Misalkan Almaz ini tekanan bannya 2,3 bar 33 psi untuk semua bannya," kata Adi saat ditemui detikcom di Wuling Arista Banyuwangi di tengah-tengah perjalanan road trip Jakarta-Bali.

Selain itu, Adi menyarankan agar mengecek kondisi cairan di mobil. Di antaranya oli, minyak rem, air radiator hingga air wiper. Jangan lupa pula mengecek kondisi kelistrikan seperti lampu-lampu.

"Cek kondisi tekanan ban, kekencangan baut roda, kondisi oli, air radiator, air wiper kita cek dulu sebelum berangkat takutnya nanti di perjalanan ada kendala," ujarnya.

Wuling Almaz RS di Hutan De Djawatan BanyuwangiWuling Almaz RS di Hutan De Djawatan Banyuwangi Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

Perlu juga mencatat nomor-nomor penting untuk bekal perjalanan. Adi juga mengimbau untuk mencatat alamat dan nomor telepon dealer resmi terdekat.

"Untuk Wuling kan dealernya di mana-mana sudah ada. Jadi harus siap sedia misalnya ada kendala di jalan bisa langsung kontak ke dealer yang terdekat," sebut Adi.

Saat perjalanan, manfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada mobil. Misalnya, Adi mengatakan pada Wuling Almaz RS terdapat mode berkendara seperti transmisi manual. Manfaatkan fitur itu untuk melalui jalur yang lebih menantang.

"Untuk kondisi jalan yang dilalui, misalnya di jalan tanjakan, pakai mode (transmisi) manual. Kalau jalan biasa pakai D saja," sarannya.

Terakhir, setelah kembali dari road trip, perlu juga dilakukan pengecekan. Kamu bisa memeriksa kendaraan di bengkel resmi untuk pengecekan menyeluruh setelah diajak perjalanan panjang.

"Servis kan jangka waktunya 6 bulan atau 10.000 km. Nanti tergantung jarak tempuhnya, sudah sampai atau belum. Tapi lebih aman setelah perjalanan jauh dicek lagi biar nanti kondisinya aman lagi," ujar Adi.



Simak Video "Wuling Almaz RS Buatan Cikarang Mau Dijual ke Luar Negeri Juga?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT