Peminat GR Yaris Tembus 470 Orang, Padahal RI Cuma Kebagian 126 Unit

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 25 Apr 2021 09:26 WIB
Toyota GR Yaris Black
Toyota GR Yaris. Foto: Toyota
Jakarta -

Toyota-Astra Motor (TAM) telah memperkenalkan Toyota GR Yaris di Indonesia. Tak banyak Toyota GR Yaris yang akan diproduksi. Indonesia pun dipastikan hanya kebagian sedikit unit Toyota GR Yaris.

Direktur Pemesanan PT TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan antusiasme konsumen di Indonesia terhadap Toyota GR Yaris sangat luar biasa. Bahkan, pemesanannya lebih dari perkiraan PT TAM sebelumnya.

"Sejak resmi kita buka booking di bulan Maret kemarin, hari ini kita akan tutup pemesanannya. Jujur sudah ada lebih dari 470 customer yang melakukan booking dan ini memang jauh lebih tinggi dari alokasi suplai yang kita dapatkan karena secara global pun sangat terbatas," kata Anton kepada wartawan secara virtual belum lama ini.

"Kami berterima kasih respons baik tapi sekaligus kami minta maaf karena alokasi suplai yang kita dapatkan itu sangat terbatas. Setelah ini kami siapkan persiapan launching dan delivery, jadi berikan kami waktu untuk mempersiapkan product GR Yaris ini sampai bisa delivery ke customer," sebut Anton.

Sebelumnya, Anton menyatakan Toyota GR Yaris hanya akan ada 25.000 unit di dunia. Indonesia hanya kebagian 126 unit.

Toyota GR YarisToyota GR Yaris Foto: Response

Toyota GR Yaris di Indonesia akan hadir di Indonesia dengan kisaran harga Rp 750-850 juta. Namun, belum bisa dipastikan harga tepat untuk GR Yaris di Indonesia.

Sebelum Indonesia Toyota GR Yaris sudah meluncur terlebih dahulu di Thailand. Jika berkaca pada GR Yaris yang dijual di Thailand, mobil ini menggendong mesin tipe G16E-GTS tiga silinder 12 katup DOHC. Mesinnya berkapasitas 1.618 cc.

Mesin mampu menyemburkan tenaga hingga 261 PS pada 6.500 rpm. Torsi maksimalnya mencapai 360 Nm pada 3.000-4.000 rpm. Mesin dihubungkan dengan transmisi manual enam percepatan. Toyota menyebutnya dengan transmisi Intelligent Manual Transmission (iMT) enam percepatan dengan rev-matching function. Tenaga disalurkan ke roda melalui sistem GR-Four AWD.

Untuk bagian kaki-kaki, Toyota GR Yaris hadir dengan suspensi depan Macpherson Strut dan suspensi belakang double wishbone. Rem depan dan belakangnya sudah dilengkapi dengan ventilated disc brake.

Mobil ini dilengkapi velg alloy berukuran 18 inci. Velg itu dibungkus ban berukuran 225/40 R18.

Di Thailand, Toyota GR Yaris dijual dengan harga 2.690.000 baht. Jika dirupiahkan sekitar Rp 1,2 miliaran.



Simak Video "Tertarik Meminang Honda Super Cub C125, Segini Cicilannya!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)