Toyota Pastikan GR Yaris Hanya Cuma Ada 126 Unit di Indonesia

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 23 Mar 2021 21:38 WIB
Toyota GR Yaris Rallye
Ilustrasi Toyota GR Yaris Rallye Foto: Toyota
Jakarta -

Setelah ramai di dunia maya akhirnya PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Toyota di Indonesia pastikan membuka pemesanan untuk Toyota GR Yaris di Indonesia dengan kisaran harga Rp 750-850 juta. Meski demikian TAM memastikan konsumen di Indonesia harus berebut untuk bisa memilikinya.

Soalnya Toyota GR Yaris hanya akan ada 126 unit saja di Indonesia. Seperti dikatakan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

"Toyota GR Yaris hanya akan ada 25.000 unit saja, Indonesia hanya ke bagian 126 unit saja. Kalau kita dengar dari diler pemesanan-nya lebih dari ini (126 unit)," kata Anton.

Anton kembali mengatakan dirinya tidak bisa menjanjikan Indonesia bisa mendapatkan unit yang lebih banyak.

"Kita akan mengetahui lebih jelas nanti (apakah akan ada penambahan kuota), kita baru launching semester kedua kita tidak bisa langsung karena kita harus mengurus izin. Sambil menunggu informasi SPK (surat Pemesanan Kendaraan) setelah mendapat izin dari pemerintah baru kita launch (perkenalkan secara resmi)," ucap Anton.

Toyota GR Yaris BlackIlustrasi Toyota GR Yaris Black Foto: Toyota

"Di TAM, kita sudah dipastikan ke pihak produksi 126 unit saja. Kalau kita dapat pemesanan 200 unit kita harus menyampaikan permintaan maaf. Kita sudah bicara (untuk menambahkan kuota di Indonesia untuk GR Yaris) tapi rasanya sudah final jadi sulit. Kita akan pelajari bagaimananya nanti. Untuk suplaynya tahun ini sampai tahun depan dan belum ada informasi tambahan produksi," Anton menambahkan.

Toyota GR Yaris yang akan dijual di Indonesia juga dipastikan dalam dokumen Permendagri No 1 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021. Dalam dokumen itu, data mengenai Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) GR Yaris sudah muncul, dengan angka Rp 450 jutaan. Tapi itu baru sekadar NJKB atau nilai dasar, belum termasuk pajak-pajak untuk menjadi harga on the road.



Simak Video "Review Yaris 2020, Senjata Toyota Lawan Honda Jazz"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)