Toyota GR Yaris Dijual Rp 850 Juta, TRD Sportivo Rp 284 Juta, Apa Bedanya?

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 25 Mar 2021 11:54 WIB
Toyota GR Yaris Black
GR Yaris Foto: Toyota
Jakarta -

PT Toyota Astra Motor (TAM) membuka keran pemesanan GR Yaris untuk Indonesia. Terbatas, hanya 126 unit, pun harganya berkisar Rp 750 juta - Rp 850 juta. Apa bedanya dengan Yaris TRD Sportivo yang dijual di angka Rp 284 Juta?

Meski punya nama yang sama, sesungguhnya dua mobil tak seperti pinang dibelah dua. Baik dari segi fitur, mesin, dan juga performa.

Pertama, GR Yaris merupakan mobil turun untuk homologasi Kejuaraan Reli Dunia (World Rally Championship/WRC) versi produksi massal. Unitnya pun terbatas hanya diproduksi 25.000 unit secara global, Indonesia kebagian jatah 126 unit.

Sedangkan Yaris TRD Sportivo merupakan varian tertinggi dari Yaris yang dijual di Indonesia, bukan model yang diproduksi terbatas.

Kedua, tanpa perlu memandang lebih dalam. Perbedaan langsung terlihat pada pintunya. Kalau Yaris TRD Sportivo pakai empat pintu, nah GR Yaris ini hanya dua pintu seperti sportcar.

Toyota GR Yaris BlackToyota GR Yaris Black Foto: Toyota

Dimensi dari kedua mobil ini juga berbeda. Yaris TRD Sportivo punya ukuran yang lebih panjang yakni 4.145 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.500 mm. Sedangkan GR Yaris punya dimensi lebih ringkas, panjang 3.995 mm, lebar 1.805 mm, dan tinggi 1.455 mm.

Ya, dari platformnya juga berbeda. GR Yaris menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) B, yang dijual untuk pasar Eropa, Jepang, dan Australia. Sedangkan model Yaris untuk Asia seperti di Indonesia dan Thailand berbeda, karena platform yang sama dengan Vios atau Yaris sedan.

Selain itu GR Yaris juga punya power weight to ratio terbaik di kelasnya, seperti melawan Volkswagen Golf Gti, hingga Renault Megaen.

PT. Toyota Astra Motor meluncurkan Yaris Terbaru, Selasa (8/9).New Yaris Foto: Dok. Toyota Astra-Motor

Bobotnya yang ringan juga bekat penggunaan bahan aluminium untuk kap mesin, pintu belakang, dan panel pintu, bagian atas dari GR Yaris dilengkapi dengan panel atap carbon fiber-reinforced plastic yang dibentuk menggunakan metode compound moulding.

(halaman selanjutnya, kaki-kaki, fitur, dan performa mesin)