Mau Punya Toyota GR Yaris Siapkan DP Rp 100 Juta

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 24 Mar 2021 13:17 WIB
Toyota GR Yaris Rallye
Ilustrasi Toyota GR Yaris Rallye Foto: Toyota
Jakarta -

PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi membuka pemesanan untuk GR Yaris dengan kisaran harga mencapai Rp 750-850 juta. Nah bagi pencinta otomotif yang menginginkannya Toyota katakan untuk mempersiapkan Down Payment sebesar Rp 100 juta.

"Untuk SPK minimum, itu sebenarnya jadi aturan di diler yang menjalankan dan yang saya tahu melihat harganya segitu mereka meminta booking Fee sekitar Rp 100 juta," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Sayangnya Anton tidak bisa memastikan berapa lama konsumen harus inden alias menunggu Toyota GR Yaris untuk bisa sampai ke garasi rumah.

"Berapa lama inden? Kita belum bisa katakan karena kita belum lulus uji tipe dan mengurus perizinan, baru setelah lulus kami akan menghubungi ke bagian produksi nanti baru akan kita sampaikan, tapi prediksi kita di semester kedua (baru ada unit Toyota GR Yaris)," ucap Anton.

Meski demikian Anton memastikan tidak akan ada perbedaan spesifikasi dibandingkan dengan negara lainnya.

Brand GR ini akan menjadi brand untuk mobi balap kita (Toyota), banyak yang minat pejabat atau pebalap. Pengurangan fitur tidak ada, kita harapkan sama dengan global, ini speknya sudah kita pilih yang baik. Untuk kuota negara lain juga sama rata-rata 100 unitan," kata Anton.

Toyota GR Yaris RallyeToyota GR Yaris Rallye Foto: Toyota

Jika berkaca pada GR Yaris yang dijual di Thailand, mobil ini menggendong mesin tipe G16E-GTS tiga silinder 12 katup DOHC. Mesinnya berkapasitas 1.618 cc.

Mesin mampu menyemburkan tenaga hingga 261 PS pada 6.500 rpm. Torsi maksimalnya mencapai 360 Nm pada 3.000-4.000 rpm. Mesin dihubungkan dengan transmisi manual enam percepatan. Toyota menyebutnya dengan transmisi Intelligent Manual Transmission (iMT) enam percepatan dengan rev-matching function. Tenaga disalurkan ke roda melalui sistem GR-Four AWD.

Toyota GR Yaris memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.805 mm, dan tinggi 1.455 mm. Wheelbase mobil ini mencapai 2.560 mm. Ground clearance 124 mm, dengan radius putar 5,31 m. Mobil ini bisa menyimpan bahan bakar sebanyak 50 liter.

Untuk bagian kaki-kaki, Toyota GR Yaris hadir dengan suspensi depan Macpherson Strut dan suspensi belakang double wishbone. Rem depan dan belakangnya sudah dilengkapi dengan ventilated disc brake.

Mobil ini dilengkapi velg alloy berukuran 18 inci. Velg itu dibungkus ban berukuran 225/40 R18.

Di Thailand, Toyota GR Yaris dijual dengan harga 2.690.000 baht. Jika dirupiahkan sekitar Rp 1,2 miliaran.



Simak Video "#ToyotaDigitalLaunch Total Mobility Solution"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)