Banyak Orang Kaya di RI, Mobil Miliaran BMW Laris Saat Pandemi

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 30 Okt 2020 12:17 WIB
BMW pamerkan Mobil BMW X7 di GIIAS 2019.  Mobil yang dijuluki The President itu disebut salah satu mobil bongsor paling mewah di Indonesia.
BMW X7. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pandemi virus Corona telah memukul berbagai sektor industri, termasuk industri otomotif. Di Indonesia, banyak merek mobil yang mengalami penurunan penjualan kendaraan secara drastis. Tapi tidak sedikit pula merek otomotif yang justru mengalami peningkatan penjualan di masa pandemi.

Contohnya seperti yang dialami BMW, merek asal Jerman ini cukup bisa bertahan di kondisi sulit seperti sekarang ini. Bicara performa penjualan mobil di Tanah Air, BMW mengklaim tidak mengalami penurunan penjualan secara signifikan.

"Seperti yang sudah diprediksi, pandemi COVID 19 sangat berdampak pada industri otomotif. Ditambah lagi dengan situasi dimana BMW Indonesia harus menutup sementara pabrik dan diler pada saat PSBB diberlakukan," ujar Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania, kepada detikOto, belum lama ini.

"Melalui beragam strategi yang sebagian besar dilakukan secara online dan virtual, BMW Indonesia hanya mengalami penurunan sekitar 20% YTD (Year to Date) September dibandingkan tahun lalu. Hal ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan performa industri otomotif secara keseluruhan yang turun hingga 40% YTD September," sambungnya.

Tidak hanya bisa menjaga penjualan supaya tidak turun drastis, beberapa model premium mereka yang banderolnya di atas Rp 2 miliar justru mengalami peningkatan penjualan.

"Bahkan model kendaraan luxury seperti BMW Seri 7 dan X7 mengalami peningkatan penjualan secara signifikan, bahkan dua kali lipat dibandingkan tahun lalu," lanjut Jodie.

Sebagai informasi, Seri 7 punya banderol Rp 2.077.000.000 (730Li M Sport) dan Rp 2.610.000.000 (740Li Opulence). Sementara BMW X7 (xDrive 40i Pure Excellence) dibanderol Rp 2.724.000.000.

Terbantu Penjualan Online

Penjualan BMW Indonesia selama pandemi banyak dibantu penjualan secara online. Selama 7 bulan (Januari-Juli) sekitar 20% penjualan mobil BMW asalnya dari platform online. Konsumen pun dimudahkan dengan layanan ini.

"Tidak perlu lagi menunggu pameran, tapi dengan mengakses www.mybmwdealer.co.id, konsumen bisa melihat langsung mobil BMW," kata Jodie, beberapa waktu lalu.

Dari situs itu, konsumen atau penggemar mobil BMW bisa mengunjungi showroom BMW pilihannya, berkonsultasi dengan business consultant dan service advisor BMW, serta merasakan duduk di dalam mobil BMW dengan 360 derajat Model Tour.

Di dalam situs yang bisa dibuka melalui ponsel tersebut, calon konsumen BMW bisa mengetahui profil dan detail dari business consultant, dan bisa langsung menghubunginya melalui Whatsapp atau telepon. Selain itu, pelanggan bisa melihat profil dan detail Service Advisor dan bisa langsung menghubunginya.

Yang unik adalah pengalaman mengunjungi showroom BMW secara virtual. Di kanal 360 derajat Tour, Anda bisa mengunjungi dealer BMW yang ada di Indonesia dan melihat mobil-mobil yang dipajang. Bahkan, secara virtual Anda bisa masuk ke interior mobil BMW yang dipasarkan. Cukup menggerakkan ponsel, maka layar akan bergerak hingga 360 derajat menyajikan tampilan showroom atau interior mobil.



Simak Video "Tantangan Instagram Lewati Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)