Rabu, 11 Des 2019 17:22 WIB

Razia Pajak Kendaraan di Jaksel, Hasilkan Puluhan Juta Rupiah

Luthfi Anshori - detikOto
Razia Kendaraan di Jakarta Selatan Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta - Tim Samsat Jakarta Selatan menggelar operasi untuk menertibkan pemilik kendaraan bermotor yang belum membayar pajak.

Razia Pengesahan STNK ini dilakukan di jalan raya depan depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019).



Menurut catatan Kanit PKB dan BBNKB Jakarta Selatan, Khairil Anwar, puluhan unit kendaraan bermotor terjaring dalam razia kali ini. Baik itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Razia Pajak Kendaraan di JakselRazia Pajak Kendaraan di Jaksel Foto: Luthfi Anshori/detikOto


"Dalam razia hari ini ada sekitar 60 unit kendaraan yang diperiksa. 56 unit di antaranya dikenakan tilang," ujar Khairil.

Dari jumlah tersebut, pengendara motor masih mendominasi, dengan angka mencapai 70 persen.



"Sementara untuk yang membayar (pajak-Red) sekitar 46 kendaraan, dengan total angka sekitar Rp 36 juta," lanjut Khairil.

Untuk diketahui, razia yang dilakukan mulai pukul 09.00 WIB - 11.00 WIB itu dikhususkan untuk mencari para pemilik motor yang masih belum membayarkan pajaknya.

Razia Pajak Kendaraan di JakselRazia Pajak Kendaraan di Jaksel Foto: Luthfi Anshori/detikOto


Untuk memudahkan pelanggar dalam memenuhi kewajibannya, pihak Samsat pun langsung menyediakan fasilitas pembayaran di tempat.

"Bagaimana supaya dia tidak melanggar, kita kasih kebijakan supaya dia bisa membayar di tempat razia ini. Kita sudah siapkan Bus Samsat Keliling," terang Khairil.



Selain untuk menciptakan budaya tertib administrasi, menurut Khairil razia ini sengaja diselenggarakan supaya tidak terjadi kecemburuan antara pemilik mobil mewah, dengan pemilik kendaraan lainnya. Seperti diketahui, belakangan ini BPRD DKI Jakarta gencar melakukan razia penunggak pajak mobil mewah dengan sistem door to door.

"Razia ini juga menjadi jawaban terhadap pertanyaan pemilik kendaraan mewah yang saat ini sedang gencar kita kejar secara door to door ke alamat pemilik sesuai STNK. Bahwa kita bukan hanya mengejar kendaraan mewah, tapi juga kendaraan yang tidak mewah, termasuk motor. Adanya razia itu ya melalui razia gabungan ini," tukasnya.

Simak Video "Di Tengah Wabah Corona, 6 Pasangan Tak Resmi Terjaring Razia!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com