ADVERTISEMENT

Cara Mudah dan Jitu Bersihkan Helm Biar Nggak Bau Apek Lagi

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 25 Des 2021 19:11 WIB
Sejumlah pemudik bermotor terlintas melintasi Jalan Kalimalang Raya, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Minggu (16/5). Banyak yang membawa anak namun tidak dilengkapi helm.
Ilustrasi berkendara motor menggunakan helm. Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Helm merupakan salah satu barang yang wajib digunakan saat mengendarai sepeda motor. Tidak hanya soal keselamatan, namun juga faktor kenyamanan helm tak kalah penting untuk diutamakan.

Semakin sering menggunakan helm, tentu kondisi bagian dalam helm juga bisa menimbulkan aroma yang tidak sedap. Nah, hal ini sering kali membuat pengendara sepeda motor merasa tidak nyaman.

Penyebab timbulnya bau tidak sedap bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, bisa jadi disebabkan oleh keringat di kepala lalu menempel di bagian spons helm. Semakin sering helm terkena keringat, maka lama-lama helm akan menimbulkan aroma tidak sedap.

Faktor selanjutnya juga bisa disebabkan oleh air hujan. Apabila helm kamu ditaruh pada tempat terbuka lalu air hujan membasahi helm sampai ke bagian dalam, biasanya spons akan menyerap air tersebut. Tentu jika tidak segera dikeringkan maka helm kamu akan menimbulkan bau apek dan tidak nyaman saat digunakan.

Jika helm kamu mulai menimbulkan aroma tak sedap, jangan gelisah dahulu. Dilansir dari Wahana Honda, ada berbagai tips mudah untuk menghilangkan bau pada helm.

1. Gunakan Parfum di Helm

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau tidak sedap di helm adalah menggunakan cairan pewangi atau parfum. Namun, usahakan memakai parfum yang punya kadar alkohol rendah.

Soalnya, kadar alkohol yang tinggi nantinya akan mengendap di dalam spons helm. Jika alkohol belum menguap namun helm sudah kamu gunakan, khawatirnya terdapat reaksi yang dapat menyebabkan rambut menjadi rusak.

2. Cuci dengan Sabun

Apabila memakai parfum dirasa masih kurang, kamu bisa mencucinya dengan sabun. Namun, ada berbagai cara untuk mencuci helm secara sendiri.

Pertama, kamu harus melepas bagian spons di dalam helm secara perlahan. Perlu diperhatikan, apabila kamu salah membuka spons maka dapat merusak kondisi helm. Jadi, lakukan secara hati-hati.

Setelah dicuci menggunakan air bersih dan sabun, jangan lupa keringkan dahulu. Kamu bisa memanfaatkan sinar matahari atau menggunakan hair dryer agar cepat kering.

3. Menggunakan Bubuk Kopi

Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau apek di dalam helm. Namun sebagai pengingat, wangi dari kopi hanya menghilangkan bau selama beberapa hari saja, karena kotoran dan kuman masih belum hilang sepenuhnya.

Namun jika situasinya mepet, cara ini bisa dilakukan dengan mudah. Pertama, tuangkan bubuk kopi sebanyak 1-2 sendok makan ke dalam kain kecil, lalu ikat kain tersebut sampai rapat.

Setelah itu, letakan kain yang berisi bubuk kopi di dalam helm selama semalaman. Jika sudah, kamu akan merasakan aroma kopi yang wangi di dalam helm kamu.

4. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Hal ini sudah banyak dilakukan sebagian orang untuk menghilangkan aroma tidak sedap. Biasanya, helm tersebut telah basah karena terkena air hujan sehingga bagian sponsnya tidak nyaman ketika digunakan.

Selain menghilangkan bau dan mencegah bakteri jahat di dalam helm berkembang, menjemur di bawah matahari akan membuat spons di dalam helm kembali mengembang.



Simak Video "Biar Awet! Ini Cara Merawat Motor Matik di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT