Anies Naikkan UMP DKI 2022 Rp 4,64 Juta, Bisa Cicil Mobil Baru, Nih?

Tim detikcom - detikOto
Senin, 27 Des 2021 17:36 WIB
Kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) cukup mendongkrak kinerja industri otomotif. Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat membuka pameran GIIAS 2021 Kamis (11/11/2021).
Ilustrasi mobil baru Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menaikkan UMP Jakarta 2022 menjadi 5,1 persen dari 0,8 persen. UMP DKI 2022 kini menjadi Rp 4.641.854. Tertarik membeli mobil dengan cara mencicil, namun gaji bersih per bulan hanya berkisar Rp 4 jutaan?

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho, menyarankan memperhatikan urgensi dari membeli mobil.

"Menurut saya pribadi sebelum kita memutuskan ambil mobil dengan kondisi gaji 3 sampai 4 juta, pertanyaannya, seberapa urgent sih kita untuk punya mobil?," kata Andy dalam perbincangan dengan detikOto, belum lama ini.

Bagi yang sudah berkeluarga, Andy menyarankan untuk diutamakan dulu kebutuhan primernya seperti pangan, papan, sandang, termasuk juga kebutuhan pendidikan untuk anak-anaknya.

Sementara untuk pekerja yang baru memulai karier setelah lulus kuliah dan berstatus lajang, juga perlu melihat seberapa penting kebutuhan untuk memiliki mobil pribadi.

"Kalau kemudian kebutuhannya untuk (taksi online) misalnya mau nge-Grab atau Gocar, itu masih diperbolehkan. Tapi kalau misalnya hanya untuk sekadar lifestyle punya-punyaan aja. Saya sih belum melihat itu sebagai suatu yang urgent," terang Andy.

Well, sebenarnya sah-sah saja UMP di bawah Rp 5 juta jika ingin membeli mobil baru dengan cara mencicil.

Tapi, Andy mengingatkan sebaiknya menggunakan DP yang besar supaya angsurannya lebih ringan. Artinya, Anda harus menabung terlebih dahulu.

"Itu disesuaikan kemampuan kita. Misalnya dengan gaji Rp 3 juta-Rp 4 juta kita sebulan kita bisa nabung Rp 1 juta. Kalau harga LCGC itu Rp 150 juta aja, kita tinggal ambil 20 persennya berarti ketemu uang muka Rp 30 juta. Artinya, kita harus nabung paling nggak 30 bulan untuk bisa bayar DP-nya doang," bilang Andy.

[ Lanjut halaman berikutnya: perhatikan angka cicilan, gaji di bawah Rp 5 juta pasnya nyicil mobil apa?]