Tips Berkendara Motor saat Hari Raya Natal dan Tahun Baru, Ini Cara yang Aman

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 26 Des 2021 14:26 WIB
Tips berkendara motor yang aman
Foto: Dok. Yamaha. Tips berkendara motor yang aman.
Jakarta -

Umat Kristiani merayakan Hari Raya Natal dan segenap masyarakat Indonesia juga akan menyambut Tahun Baru yang sebentar lagi tiba. Untuk itu, bagi masyarakat yang akan bepergian dengan sepeda motor, diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan dan tentunya memperhatikan safety riding di jalanan.

"Menyambut Hari Raya Natal di penghujung tahun ini dan Tahun Baru, kami harapkan masyarakat tetap menjalani protokol kesehatan. Serta bagi para pengendara sepeda motor yang menempuh perjalanan untuk merayakannya bersama kerabat dan teman, kami memberikan beberapa tips yang diharapkan dapat membantu kelancaran perjalanan tersebut," papar Wiranata P.Ilahi, Manager Promosi Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers.

Berikut beberapa tips berkendara motor saat Hari Raya Natal dan Tahun Baru dari Yamaha Riding Academy (YRA) Main Dealer Thamrin Brothers:

Persiapan

1. Lakukan service motor terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan berkendara agar kondisi motor terjaga baik. Gunakan aplikasi My Yamaha Motor untuk memilih dealer yang memiliki fasilitas Service Kunjung Yamaha (SKY) untuk memudahkan pengecekan keadaan motor.

2. Perhatikan bahan bakar motor, lakukan pengisian bahan bakar sebelum melakukan perjalanan untuk menghindari keramaian antrian di pom bensin.

3. Jangan membawa barang yang melebihi kapasitas dan terlalu berat agar tidak mengganggu keseimbangan saat berkendara.

4. Perhatikan aturan yang berlaku untuk perjalanan dengan kendaraan pribadi di Hari Raya Natal dan Tahun Baru serta informasi terkait aturan pandemi untuk bepergian ke area sehingga lancar ke tempat tujuan.

5. Gunakan safety gear yang lengkap dan nyaman.

Saat di jalan

1. Tingkatkan kewaspadaan dan jaga jarak aman karena padatnya kondisi jalanan dengan banyaknya kendaraan.

2. Atur kecepatan, jangan terlalu pelan atau terlalu kencang dengan mengikuti alur sebagai antisipasi agar terhindar dari kecelakaan.

3. Hindari melakukan pengereman, berbelok atau berhenti mendadak untuk menghindari tertabrak pengendara di belakang atau pengendara lainnya.

4. Khususnya bagi yang membonceng anggota keluarga atau teman, saat berkendara lakukan akselerasi atau pengereman secara halus.

5. Gunakan jalur alternatif jika jalur utama padat.

6. Jaga konsentrasi dan kontrol emosi.

7. Jaga fisik, jika lelah sebaiknya istirahat terlebih dahulu.

8. Selalu patuhi peraturan lalu lintas.

Protokol kesehatan

1. Membawa dan selalu menggunakan masker, hand sanitizer, dan sering mencuci tangan dengan sabun cuci tangan.

2. Gunakan safety gear yang bersih.

3. Jaga stamina dan imunitas tubuh dengan makan sehat, minum air putih dan tidur yang cukup.

(lua/riar)