Viral Sopir Porsche Kabur Usai Seruduk LCGC, Begini Etika yang Benar

Tim detikcom - detikOto
Senin, 01 Feb 2021 11:20 WIB
Viral Porsche Cayenne Tabrak LCGC
Viral Porsche Cayenne Tabrak LCGC.Foto: Istimewa
Jakarta -

Video kecelakaan antara SUV Porsche Cayenne dengan sebuah LCGC viral di media sosial. SUV Porsche itu menyeruduk bagian belakang LCGC yang berhenti di pinggir jalan.

Dalam narasi perekam video, SUV Porsche tersebut sebelum menabrak LCGC memang berjalan tidak normal. Mobil itu dilaporkan oleng. Saat kejadian tabrakan, Porsche hitam tersebut buang arah ke kiri dan brak... bagian belakang LCGC silver diseruduk. Tampak bagian belakang LCGC itu hancur ditabrak Porsche.

Namun, yang menjadi perhatian warganet adalah tindakan pengemudi Porsche yang tetap melanjutkan perjalanan alih-alih berhenti dan bertanggung jawab setelah menabrak. Terlepas dari siapa yang salah, menurut praktisi keselamatan berkendara yang juga Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, setelah terjadi tabrakan etikanya adalah berhenti dan tidak kabur.

"Ketika pengemudi menabrak obyek yang ada di pinggir jalan lepas objek tersebut salah atau benar, itu sudah merusak properti milik orang lain. Jadi bertanggung jawablah sebagai manusia berakhlak," ujar Sony kepada detikcom, Senin (1/2/2021).

[Gambas:Instagram]



Sony menjelaskan, etika setelah menabrak properti orang lain adalah berhentikan kendaraan dan meminta maaf. Setelah itu, lihat apakah ada korban atau tidak.

"Dan selesaikan secara kekeluargaan. Apabila ada hal-hal yang mengganjal, hubungi pihak kepolisian sebagai penengah," sebut Sony.

Terlebih, Sony menegaskan, pengemudi yang terlibat kecelakaan dan melarikan diri bisa dijerat pasal berlapis.

"Ya berhenti dan bertanggung jawab. Malu lah kalau kabur," kata Sony.



Simak Video "Batal Naik! Harga LCGC Masih Sama, Belum Terpengaruh Pajak Emisi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)