Viral Penumpang Bayar Tarif Angkot Rp 200 Perak, Akhirnya Digratisin, Netizen Emosi

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 21 Jan 2021 19:32 WIB
Penumpang menunggu di dalam angkuran umum Mikrotrans Jak Lingko di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Jumat (3/7/2020). Salah satu operator Jak Lingko, Koperasi Wahana Kalpika (KWK) kembali beroperasi sejak 1 Juli 2020 kemarin.
Ilustrasi angkutan umum dan Jak Lingko (Grandyoz Zafna)
Jakarta -

Viral di media sosial perdebatan sopir angkot dengan penumpangnya. Semua gegara si penumpang cuma mau membayar tarif sebesar Rp 200 perak.

Video tersebut diyakini terjadi di mobil angkutan kota, alias angkot. Pak sopir, yang sudah berumur, pada awalnya terlihat akan memberikan uang kembalian pada penumpang, yang kebetulan duduk di kursi depan.

Si penumpang sepertinya membayar dengan uang pecahan Rp 5.000. Sementara Pak Sopir berniat memberi uang kembalian sebesar Rp 3.000.

Di sinilah perdebatan terjadi. Si penumpang terdengar tak terima dengan tarif Rp 2.000 yang dikenakan padanya. Dengan alasan jarak tempuhnya dekat, dia meminta tarif yang jauh lebih murah.

"Ini 3.000," kata Pak Sopir

"Enggak 3.000 dong," seru si penumpang.

"Berapa? Mustinya berapa saya kembaliin uangnya?," tanya si sopir.

"Ya 4.800," jawab si penumpang

"Astagfirullahaladzim....200 perak berarti (bayarnya- red)?" tanya si sopir seakan tak percaya.

"Iya, dari situ," timpal si penumpang sambil menyembulkan telunjuknya, mengindikasi perjalanan yang ditempuh tidak jauh.

Terlihat terkejut dengan permintaan si penumpang, si sopir angkot memilih untuk sekalian saja tak menerima uang tarif dan mengiklaskannya.

"Enggak usah bayar...," kata si sopir dengan datar dan sepertinya pasrah.

"Ya udah...Enggak apa-apa," lanjut si penumpang.

"Ya...ya...ya. Ya Udah," ucap pak sopir.

@cipluk89

doakan bapak supir angkot ini banyak rezekinya..

♬ DJ Cantik Always Isak Danielson - Wahyu Hidayatt

Video yang sudah tersebar ke beberapa platform media sosial itu lantas dapat banyak tanggapan dari netizen. Netizen banyak yang mengritik sikap penumpang. Video itu muncul pada akun Tiktok @cipluk89.

"Manusia purba ketika naik angkot," kata netizen.

"bapak penumpangnya dari masa lalu mungkin, baru bangun hibernasi," timpal pengguna Tiktok di kolom komentar postingan tersebut.

"Mana ada angkot 200 perak, permen aja gak dapet," cetus yang lain.

"Mau murah mah naik ikan indosiar," seloroh netizen yang lain.

"Niatnya emang gak mau bayar, parah," cetus warganet.

Atas kesabaran pak sopir, banyak juga netizen yang mendoakan dia. Malah ada yang mengusulkan pak sopir itu dicari dan netizen mengumpulkan donasi padanya.

"Kebangetan parah, semoga rejeki bapak ini lancar, diberi kesehatan bagi keluarganya."

"Semoga rejekinya lancar yah pa, semoga sehat selalu, semoga berkah yah pak rejekinya, dijauhkan dari orang-orang kayak gitu," doa netizen ke pak sopir.

Tidak ada informasi jelas di mana peristiwa ini terjadi, meski demikian perilaku ini jelas tidak pantas untuk ditiru karena jelas merugikan si sopir.



Simak Video "Viral! Angkot Terguling Karena Hindari Pemotor yang Jatuh di Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)