Viral SUV Porsche Seruduk LCGC di Pinggir Jalan

Tim detikcom - detikOto
Senin, 01 Feb 2021 10:28 WIB
Viral Porsche Cayenne Tabrak LCGC
Porsche Cayenne tabrak LCGC. Foto: Istimewa
Jakarta -

Video kecelakaan antara SUV mewah Porsche Cayenne dan mobil LCGC yang berhenti di pinggir jalan viral di media sosial. SUV hitam mewah tersebut terlihat menabrak LCGC berkelir silver yang berhenti di pinggir jalan.

Menurut narasi dari perekam video, SUV hitam itu oleng sebelum menabrak mobil LCGC di pinggir jalan. Terlihat Porsche Cayenne tersebut buang arah ke kiri dan brak... mobil itu menabrak bagian belakang mobil LCGC yang berhenti. Terlihat bagian belakang LCGC itu hancur ditabrak SUV Porsche Cayenne.

Bukannya berhenti untuk bertanggung jawab, pengemudi Porsche Cayenne tersebut malah terus jalan. Akhirnya, pengemudi LCGC dibantu pengendara sepeda motor mengejar mobil yang menabrak.

[Gambas:Instagram]



Praktisi keselamatan berkendara yang juga Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan ada dua kemungkinan penyebab SUV menabrak LCGC itu. Yang pertama mungkin mobil yang ditabrak sudah diincar, atau yang kedua pengemudi SUV yang menabrak tidak fokus ke depan.

"Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan sebagai bahan pelajaran. Satu, jangan berhenti dan merasa aman di pinggir jalan. Berhenti harus pasti aman dan sebaiknya di tempat parkir, dengan alasan apa pun berhenti di pinggir jalan kemungkinan tertabraknya sangat besar," ujar Sony kepada detikOto, Senin (1/2/2021).

"Kedua, ketika pengemudi menabrak obyek yang ada di pinggir jalan, terlepas objek tersebut salah atau benar, itu sudah merusak properti milik orang lain. Jadi bertanggung jawablah sebagai manusia berakhlak," tegasnya.

Sony melanjutkan, dalam kasus ini panik adalah sebuah refleksi ketidaksiapan karena kesalahan yang dibuat sendiri. Menurutnya, jika sudah menabrak kendaraan orang lain, sebaiknya berhenti dan minta maaf.

"Setelah itu lihat adanya korban atau tidak. Dan selesaikan secara kekeluargaan. Apabila ada hal-hal yang mengganjal, hubungi pihak kepolisian sebagai penengah," katanya.

"Satu lagi, pengemudi yang terlibat kecelakaan dan melarikan diri itu bisa kena pasal berlapis," sambung Sony.

Lihat juga video 'Kabur Usai Tabrak Motor, Mobil Terjun dari Jembatan Setinggi 8 Meter':

[Gambas:Video 20detik]



(rgr/din)