Rabu, 08 Mei 2019 18:28 WIB

Saat Harus Parkir Paralel dengan Mobil Matik

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Parkiran yang penuh biasanya memaksa pengendara untuk memarkirkan mobilnya secara paralel. Mobil harus dinetralkan agar bisa maju mundur dan tidak menghalangi laju mobil lain yang akan keluar parkiran.

Tidak seperti mobil bertransmisi manual, mobil matik tergolong lebih ribet saat harus parkir paralel. Seperti dikutip dari Honda, parkir paralel bagi pemilik mobil matik kadang menjadi dilema tersendiri.

Masalahnya, kunci mobil tidak bisa dilepas sebelum tuas ada pada posisi 'P' atau parkir. Sedangkan apabila tuas dibiarkan pada posisi "P", maka roda ban akan terkunci sehingga mobil tidak bisa didorong dan menyulitkan pengendara lain yang kendaraannya terhalang mobil Anda.

Honda JazzHonda Jazz Foto: Rengga Sancaya


Sebenarnya, ada satu fitur yang memungkinkan mobil Anda untuk bisa diparkir tanpa mengunci roda mobil, yakni fitur shift lock yang terletak di dekat transmisi.

Sebelumnya, pastikan bahwa rem tangan sudah di-non-aktifkan. Untuk mengaktifkan fitur shift lock di mobil, Anda perlu memasukkan gagang kunci ke lubang yang ada pada samping kanan tuas transmisi. Pertama, lepas gagang kunci dari cangkangnya dengan menggeser tombol kecil yang ada di tengah kunci.



Setelah gagang terlepas, masukkan gagang tersebut ke lubang shift lock. Masih dalam keadaan gagang yang menancap di transmisi, tarik tuas ke posisi 'N' kemudian lepas gagang dari lubangnya.

Setelah itu, Anda bisa meninggalkan mobil dengan mengunci pintu terlebih dahulu. Dengan cara ini, maka mobil Anda bisa didorong dan tidak menghalangi kendaraan lain yang hendak keluar dari parkiran.



Beberapa merek mobil lain memasang tombol khusus di tuas transmisi. Seperti mobil-mobil keluaran Toyota. Beberapa model seperti Yaris model 2012 memiliki tombol ini. Anda tekan tombol shift lock maka tuas transmisi bisa Anda ubah ke N.

Saat Harus Parkir Paralel dengan Mobil MatikUntuk menetralkan masukkan anak kunci ke lubang di atas 'P' Foto: Dadan Kuswaraharja



(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed