ADVERTISEMENT

Suzuki Baleno: Datangnya Lawan Berat untuk Yaris dan City Hatchback

Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 12 Agu 2022 08:41 WIB
Jakarta -

Meski tren city car tak begitu 'panas' akhir-akhir ini, Suzuki masih percaya diri untuk membawa Baleno generasi terbaru ke Tanah Air.

Resmi melantai pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Suzuki Baleno menjadi lawan berat Toyota Yaris dan Honda City Hatchback. Kenapa demikian?

Suzuki BalenoSuzuki Baleno Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Desain Lebih Segar dari Generasi Sebelumnya

Baleno generasi terbaru ini bisa dibilang generasi keempat, atau generasi kedua sejak mengusung model bodi hatchback.

Aura khas Baleno masih hadir di mobil ini, namun tarikan garis dan bahasa desainnya serba baru. Suzuki menyebut bahasa desain Baleno terbaru ini dengan sebutan 'Liquid Flow Design'.

Ketika melihatnya pertama kali, kami langsung sadar kalau dimensi dari bodi Baleno ini tak lagi sama. Ternyata benar! Suzuki mendesain Baleno ini lebih pendek 25 mm dari generasi sebelumnya. Namun untuk mengakali agar bentuknya tak menyeper, Suzuki meninggikan ground clearance 15 mm, menjadi 160 mm.

Menarik melihat pergerakan Suzuki dengan Baleno ini. Sebab dulu Baleno hadir sebagai sedan yang punya bodi tinggi, kini Baleno hadir sebagai sebuah city car hatchback dengan bodi pendek.

Suzuki BalenoSuzuki Baleno Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Suzuki Baleno ini hadir dengan fasia depan yang tampak mewah dan ada sentuhan agresifnya. Lampu utama mobil ini mengusung LED proyektor dan ada sentuhan lampu DRL tiga titik yang membuatnya berkarakter.

Ditilik dari samping, bagian roda dari Baleno ini tak kalah menarik. Suzuki membekali Baleno anyar ini dengan pelek ring 16 yang dibalut ban 195 profil 55.

Beralih ke belakang, Baleno ini tampak benar-benar beda dari generasi sebelumnya. Kini lebih tembem, dan tak ada lagi tarikan garis diagonal di bagian kaca yang khas Baleno hatcback generasi awal.

Suzuki BalenoSuzuki Baleno mengusung layar head up display Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Lalu ketika masuk ke kokpitnya, lagi-lagi aura yang lebih modern terasa kental. Suzuki membekali Baleno anyar dengan layar headunit floating, model setir dan panel instrumen baru, hingga head up display! Pangling kami dengan Baleno anyar ini.

Sedangkan aura kabin belakangnya juga menarik. Meski tak banyak yang bisa 'dimainkan', penggunaan material di kabin belakangnya tak banyak didominasi plastik keras, sehingga tampaknya masih cukup berkelas.

Well, secara desain memang subjektif, tapi dengan hadirnya beberapa fitur kekinian di Baleno ini, membuatnya tak perlu ragu untuk melawan rival sekelasnya.

Mesinnya Baru, Fiturnya Makin Lengkap!

Suzuki Baleno kini hadir dengan mesin baru berkode K15B. Mesin yang sama persis dengan Ertiga ini, hadir dengan layout 4-silinder segaris dan kapasitas 1.462 cc.

Tenaganya diklaim 104,6 PS di 6.000 RPM dan torsi 138 Nm di 4.400 RPM. Kendati figur tenaganya tak segalak Honda City Hatchback atau Toyota Yaris, tapi karakter tenaga mesin K15B ini cukup menarik.

Suzuki menghadirkan Baleno dalam dua pilihan transmisi yaitu Manual 5-percepatan dan juga otomatis. Layaknya Baleno generasi sebelumnya, transmisinya ini menggerakkan roda depan alias FWD.

Asyiknya, Baleno hadir dengan fitur keselamatan yang jempolan. Baleno kini dibekali dengan 6 buah Airbag, Hill Hold Control, ESP, fitur rem ABS, EBD hingga Brake Assist. Selain itu, Baleno anyar ini juga dibekali dengan fitur cruise control layaknya Ertiga Hybrid.

Harga Suzuki Baleno

  • Suzuki Baleno AT Rp 274.900.000
  • Suzuki Baleno MT Rp 262.900.000
(mhg/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT