ADVERTISEMENT

Suzuki Landy Terbaru Melantai dengan Tampang Mirip Noah, Harga Rp 300 Jutaan

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 02 Agu 2022 17:52 WIB
Suzuki Landy
Suzuki Landy Foto: Suzuki
Jakarta -

Suzuki Landy disegarkan tapi tak lagi punya tampang seperti Serena. MPV itu kini mengadopsi platform yang sama digunakan Toyota Noah dan Toyota Voxy.

Suzuki Landy bakal meluncur pada 8 Agustus 2022. Dalam versi sebelumnya, mobil ini sebenarnya sudah diperkenalkan di Jepang dengan menggunakan basis dari Nissan Serena. Tapi Suzuki Landy generasi keenam akan menggunakan part OEM dari Toyota Motor Corporation.

Kerjasama Suzuki dengan Toyota bukanlah hal yang baru. Misalnya Toyota Glanza merupakan rebadge dari Baleno atau Vitara Brezza diubah menjadi Toyota Urban Cruiser.

Suzuki Landy tidak lebih dari sebuah Toyota Noah dengan lencana Suzuki. Tidak ada perubahan pada interiornya, dalam hal ini bisa melihat interior Noah dengan setir yang menyandang logo Suzuki.

Tampang dari Suzuki Landy juga identik dengan Toyota Noah. Ciri khas grille dengan palang tebal dan bertingkat pada bagian muka.

Untuk kelapangan, Suzuki Landy yang dibangun di atas platform TNGA (GA-C) seperti Voxy dan Noah memiliki dimensi panjang 4.695 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.895 mm.

Urusan fitur keselamatan, Suzuki Landy dibekali beberapa fitur seperti Toyota Safety Sense, di antaranya Pre-crash safety (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), Lane Departure Alert (LDA), Radar cruise control, Automatic High Beam (AHB), Road Sign Assist (RSA), Response system for driver failure, Proactive Driving Assist (PDA), Start delay notification function (TMN).

Suzuki Landy ditawarkan dalam dua opsi konfigurasi tempat duduk, yakni G (8-penumpang) dan Hybrid G (7-penumpang). Sementara pilihan mesinnya 2.0L berkode M20A-FKS dan 2ZR-FXE 1.8L Hybrid.
Pada varian G tersedia opsi penggerak depan 2WD dengan konsumsi BBM rata-rata 15,1 km/liter, sementara opsi 4WD 14,3 km/liter. Pada varian ini ditawarkan dalam rentang harga 3.106.400 Yen atau sekitar Rp 353 jutaan - 3.327.500 Yen atau setara Rp 378 jutaan.

Suzuki LandySistem hybrid Suzuki Landy Foto: Suzuki

Untuk varian mesin 1.8L berkode 2ZR-FXE yang mengadopsi sistem hybrid Toyota, konsumsi BBM-nya jauh lebih irit. Opsi penggerak 2WD bisa mencapai 23,2 km/liter dibanderol 3.450.700 Yen atau sekitar Rp 392 jutaan hingga 3.697.100 Yen setara Rp 420 jutaan.

Penjualan Suzuki Landy ini ditargetkan 1.200 unit per tahun.



Simak Video "Tak Cuma Ertiga, Suzuki Siap 'Setrum' Model Lainnya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT