ADVERTISEMENT

Harga Toyota Voxy Baru Naik Rp 47 Jutaan, Tapi Kok Sunroof Hilang?

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 20 Feb 2022 20:26 WIB
All New Toyota Voxy
All New Toyota Voxy Foto: Toyota Astra Motor
Jakarta -

Toyota Voxy generasi terbaru yang hadir di Indonesia kini tidak dilengkapi fitur sunroof, padahal fitur ini sudah hadir versi sebelumnya. PT Toyota Astra Motor (TAM) mengungkap alasan kebutuhan sunroof dihilangkan dari Voxy.

"Sunroof atau moonroof ini memang pro kontra, ada konsumen yang suka dan tidak suka," kata Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmi beberapa waktu yang lalu.

Dia mengatakan prioritas All New Voxy kini pada tiga hal yang baru dari platform, mesin, dan fitur keselamatan Toyota Safety Sense 3.0.

"Tapi balik lagi saya rasa ini priority kepada TNGA platform yang baru, engine baru, kemudian TSS 3.0, menurut kita ini fitur yang benar-benar basic dan semua konsumen di segmen Voxy sangat membutuhkan itu," jelas Anton.

Meski tak dibekali fitur sunroof, kini atap dari Voxy terpasang Marvelous 11.6" Roof Rear Seat Entertainment (RSE).

All New Voxy dilengkapi dengan generasi terbaru dari teknologi keselamatan Toyota yang mengandalkan sensor dan radar, yaitu Toyota Safety Sense 3.0 (TSS 3.0). TSS 3.0 pada All New Voxy terdiri dari empat (4) fitur keselamatan, yaitu:

- Pre-Collision System (PCS),
- Lane Tracing Assist (LTA),
- Dynamic Radar Cruise Control (DRCC),
- Automatic High Beam (AHB).

All New Voxy juga dilengkapi dengan mesin TNGA baru. All New Voxy menggunakan mesin berkode M20A-FKS, yang menjadikannya sebagai model Toyota kedua di Indonesia yang memanfaatkan teknologi Dynamic Force Engine, yang juga digunakan oleh mesin All New Camry berkode F25A-FKS.

Di atas kertas mesin 1.986 cc, 4 silinder, 16 Valve, DOHC pada All New Voxy itu menjanjikan tenaga dan torsi yang lebih tinggi, kini daya maksimumnya sebesar 170 PS pada 6.600 rpm atau naik 11,8 % dari sebelumnya 152 PS, dan torsi maksimumnya sebesar 20,6 Kgm pada 4.900 rpm atau naik 4,6% dari sebelumnya 19,7 Kgm.

Harga dari All New Toyota Voxy dengan pembaruan fitur-fitur tersebut kini naik sekitar Rp 47 jutaan dari versi sebelumnya. Saat ini All New Voxy dijual Rp 588,2 juta.

Anton menambahkan terus mempelajari pasar bagaimana kebutuhan konsumen tentang sunroof yang biasanya lekat pada mobil-mobil premium di Indonesia.

"Tapi pastinya kita selalu cek kepada konsumen tren dari fitur-fitur ini kira-kira seperti apa. Kita tidak menutup mata ke depannya untuk studi juga. Saat ini kita harus memilih, prioritas kita adalah ini," ucap dia.

Pengembangan fitur TSS 3.0

Ada beberapa hal baru pada TSS 3.0. Pertama, di TSS 3.0 jarak deteksi ke depan menjadi lebih luas baik ke atas maupun ke bawah, dan ke kanan maupun ke kiri. Selain itu, deteksi ke depan ini juga kini bisa mendeteksi obyek bergerak lebih luas, bahkan dengan jarak yang lebih dekat. Kedua improvement ini masuk ke dalam aspek teknis pada radar. Sementara pada LTA, terdapat peningkatan pada teknologi deteksi yang kini sudah menggunakan 3D Recognition, sehingga lebih banyak obyek yang dapat terdeteksi seperti mobil yang sedang parkir, pembatas jalan, hingga garis dan marka jalan.

Sementara pada fitur PCS, juga terdapat peningkatan dimana TSS 3.0 bisa mengurangi kecepatan lebih baik, termasuk pada saat mendeteksi pejalan kaki dan pesepeda baik saat siang maupun malam hari. Selain itu, PCS di TSS 3.0 dapat mendeteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda yang melintasi jalurnya dari arah yang berlawanan. Bahkan sistem ini juga dapat mendeteksi kendaraan lain dan pengendara sepeda motor yang melintas di persimpangan, yang merupakan yang pertama bagi Toyota.

Tidak berhenti di situ, terdapat juga peningkatan pada fitur DRCC dimana kini terdapat pengaturan jarak baru yaitu 4 stages, yang membuat All New Voxy dapat menjaga jarak lebih jauh dari kendaraan yang ada di depan. Selain itu teradapat pengaturan kecepatan yang dapat mendeteksi kendaraan kedua yang berada lebih jauh di depan, sehingga dapat menyesuaikan kecepatan lebih dini dan akurat.



Simak Video "Innova Listrik atau bZ4X, Mobil Listrik Toyota Apa yang Akan Datang Tahun Ini?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT