Toyota Pangkas Produksi Lagi Imbas COVID di China, Ini Mobil yang Terdampak

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 25 Mei 2022 14:46 WIB
Pabrik Toyota All New Sienta di Jepang dan Indonesia miliki kualitas yang sama.
Foto: Pabrik Toyota di Jepang (M Luthfi Andika/detikcom)
Jakarta -

Bulan depan produksi global mobil Toyota berkurang lagi. Penyebabnya masih merebak COVID-19 di Shanghai, China, yang membuat pasokan komponen terhambat.

Toyota menyebut akan memangkas produksi puluhan ribu unit mobil secara global dari target yang ditetapkan di awal tahun.

"Kami di Toyota ingin sekali lagi meminta maaf atas penyesuaian berulang pada rencana produksi kami karena kekurangan suku cadang akibat penyebaran COVID-19, dan karena menyebabkan ketidaknyamanan yang cukup besar bagi pelanggan, pemasok, dan pihak terkait lainnya," ungkap Toyota dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/5/2022).

Toyota mengatakan, rencana produksi global pada bulan Juni adalah sebanyak 850 ribu unit, 250 ribu di antaranya diproduksi di Jepang dan 600 ribu unit diproduksi di luar Jepang.

"Karena dampak dari kekurangan semikonduktor, kami telah menyesuaikan rencana produksi kami dengan puluhan ribu unit secara global dari jumlah yang diberikan kepada pemasok kami di awal tahun," katanya.

Rencana produksi global rata-rata dari Juni sampai Agustus sekitar 850 ribu unit. Dalam periode penuh tahun fiskal 2023, Toyota menargetkan produksi mobil sebanyak 9,7 juta unit secara global.

"Kekurangan semikonduktor, penyebaran COVID-19, dan faktor lainnya membuat sulit untuk melihat ke depan, tetapi kami akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk mengirimkan sebanyak mungkin kendaraan kepada pelanggan kami secepat mungkin," ucapnya.

"Karena kekurangan pasokan suku cadang yang disebabkan oleh lock down di Shanghai, kami telah memutuskan untuk menangguhkan operasi pada bulan Mei dan Juni," katanya.

Totalnya ada 16 lini produksi di 10 pabrik yang menangguhkan produksi mobil pada Mei-Juni ini. Adapun mobil-mobil yang terdampak antara lain Toyota Crown, Toyota Noah, Mirai, bZ4x, GR Yaris, Land Cruiser, Century, Corolla, Corolla Touring, Corolla Cross, RAV4, Harrier, Prius, Prius PHV, Land Cruiser Prado, GX, 4Runner, Lexus LS, IS, RC F, NX, NX450h+, CT, UX, UX300e, ES, RX. Selanjutnya, mobil Toyota Aqua, C-HR, Yaris Cross, Sienta, Corolla Axio, Corolla Fielder, JPN Taxi, Land Cruiser 70, Hiace, Granace, Alphard, Vellfire, Lexus LM, Coaster hingga Probox.



Simak Video "Duh! Produksi Mobil Global Toyota Dipangkas Hingga 50 Ribu Unit"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)