ADVERTISEMENT

Tes Lengkap Toyota GR Yaris: Ketika Mobil Balap Dipakai Harian

Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 06 Jun 2022 15:45 WIB

Fiturnya Sederhana, Tapi Bikin Asyik Berkendara

Jangan bayangkan Toyota GR Yaris hadir dengan fitur canggih dan interior yang futuristis bak hothatch dari Eropa. Sebab, Toyota memilih pendekatan yang lebih tradisional dan serba fungsional di GR Yaris ini.

Terbukti, begitu masuk ke kabinnya rasanya tak neko-neko. Pengaturan jok hingga setir masih konvensional, bahkan headunit pun tak terintegrasi dengan mobil. Bahkan kami sempat heran, sebab tak ada port USB yang diberikan Toyota ke mobil ini, selain di headunit-nya.

Kendati demikian, headunit Toyota GR Yaris ini sudah bisa terhubung ke sambungan Apple CarPlay dan Android Auto. Sehingga kita dapat memainkan musik, melihat peta, dan memainkan banyak aplikasi di headunit-nya. Namun jangan berharap banyak dengan speaker-nya.

Selain itu, instrumen klusternya pun tampak sederhana. Hanya ada dial analog, dan satu panel MID di tengah. Cukup informatif, namun tampilannya jauh dari kata atraktif.


Di balik beberapa kekurangannya tadi, kami tetap senang berada di kabin Toyota GR Yaris ini. Rasanya semua mudah dijangkau dan semua didesain sederhana, namun fungsional. Apalagi, karena model joknya yang bucket, membuat badan tak gampang mental jika bermanuver.

Fitur lain yang juga tak kalah istimewa adalah Toyota Safety Sense. Ini membuat GR Yaris menjadi lebih aman, berkat bantuan radar kamera yang menjaganya.

Mobil dapat terhindar dari tabrak depan hingga tak sengaja keluar dari lajur. Selain itu, ada juga fitur adaptive cruise control yang selama pengetesan sangat jarang kami pakai. Sebab, kikuk rasanya menggunakan fitur ini di mobil manual.

Nah! Menurut kami ada fitur yang perlu ditambahkan oleh Toyota ke mobil ini agar membuatnya kian asyik dibawa sehari-hari, yaitu kamera mundur. Fitur ini rasanya penting untuk menjaga kecantikan bodi belakangnya dan memudahkan ketika parkir, sebab visibilitas kaca belakangnya cukup terbatas.

Toyota GR YarisHadirnya atap karbon yang rendah. Tentu selain membuat distribusi bobotnya makin baik, atap karbon ini juga menunjukkan kelasnya. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto


Desain Ikonik dan Spek Sultan

Kalau berbicara soal desain, tentu subjektif. Namun menurut kami, sulit rasanya untuk tidak suka dengan Toyota GR Yaris dan sulit untuk tidak mencuri pandang ketika mobil ini melaju di jalan raya.

Buang jauh-jauh pikiran kita soal Yaris yang umum di Indonesia, sebab ini beda total. Secara desain, mungkin ada hint Yaris yang kental di bagian depan, namun hadirnya body kit yang aerodinamis tentu membuat kita sadar bahwa mobil ini bukan Yaris biasa.

Body kit aerodinamis tersebut juga hadir ke bagian samping dan belakang. Ini membuatnya kian baik dari segi aerodinamika, dan membantu pendinginan mesin serta pengereman.

Selain itu, yang paling asyik adalah hadirnya atap karbon yang rendah. Tentu selain membuat distribusi bobotnya makin baik, atap karbon ini juga menunjukkan kelasnya. Namun untuk mengekspos atap karbon ini, kita perlu membuka stiker yang sengaja diberikan Toyota ke atapnya.


Ketersediaan dan Harga Toyota GR Yaris

Tahan uang kalian, karena Toyota GR Yaris ini sudah habis dan tak lagi dijual oleh Toyota Astra Motor secara resmi. Sebab mobil ini hanya dimasukkan 126 unit dan sudah ludes terjual dalam waktu dekat.

Pada saat baru, Toyota menjual mobil ini dengan harga Rp 850 jutaan. Namun kini, dari pantauan kami di market place, tak sedikit Toyota GR Yaris yang dijual di atas Rp 1 miliar bahkan tembus Rp 1,5 miliar untuk yang warna merah dengan beberapa kit tambahan.

Tentu, untuk sebuah hot hatch yang sangat spesial ini, para petrol head tak enggan mengucurkan dana sebesar itu. Apalagi karena ini mobil yang dibangun dengan metode reverse engineering dari mobil balap Toyota di WRC, membuatnya kian jadi barang buruan.


(mhg/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT