ADVERTISEMENT

GR Yaris Versi Cebol Pakai Mesin Ninja

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 23 Des 2021 08:33 WIB
GR Yaris versi mungil
GR Yaris mungil Foto: Twitter ZR250Aniki
Jakarta -

GR Yaris jadi salah satu mobil yang mendobrak pasar otomotif dunia. Saking populernya, seorang tuner yang bakal tampil di Tokyo Auto Saloon 2022 menghadirkan GR Yaris dengan body lebih mungil.

Dikutip Carscoops, Rabu (22/12/2021) GR Yaris versi 'cebol' itu menggunakan basis dari mobil city car Toyota iQ yang dijual di Jepang. Menariknya, body kit itu tampak proporsional layaknya GR Yaris Junior.

Tuner berhasil memasang pencahayaan GR Yaris di kedua ujung, bumper custom, side sills, dan fender, serta kap mesin yang menonjol dari bahan serat karbon. Terakhir, ada satu set velg baru berwarna putih dengan ban yang lebih lebar.

Kalau melirik dimensi GR Yaris asli diketahui punya dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.805 mm, dan tinggi 1.455 mm. Sedangkan GR Yaris versi mungil ini diketahui menggunakan basis dari Toyota iQ dengan dimensi lebih ringkas lagi, yakni panjang 2.985 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.500 mm.

GR Yaris versi mungilGR Yaris versi mungil Foto: ZR250Aniki

Tapi modifikasi tak hanya dari sisi luar lho, interiornya pun juga kena sentuhan. Di dalamnya terdapat sepasang jok racing bucket, setir momo palang tiga, instrument cluster custom dan layar berbentuk kotak yang dipasang di konsol tengah.

Oiya tidak ada bangku penumpang di baris kedua, sebab diganti menjadi tempat mesin. Sektor dapur pacunya dipasok dari Kawasaki Ninja ZX-14R dengan model knalpot yang keluar dari arah samping belakang pintu. Mobil mini ini masih menggunakan penggerak roda belakang.

GR Yaris versi mungilGR Yaris versi mungil Foto: ZR250Aniki

Wajar rasanya kalau GR Yaris menarik perhatian, sebab unitnya terbatas hanya diproduksi sebanyak 25 ribu unit secara global. Indonesia hanya kebagian jatah 126 unit.ZX-14R diketahui jadi salah satu motor tercepat di muka bumi. Mesin empat silinder 16 katup dengan kapasitas 1.441 cc itu bisa menghasilkan 208 hp (155 kW / 211 PS) dan torsi 154 Nm (113 lb-ft) dalam bentuk standar. Tenaga tersebut dikawinkan dengan transmisi enam percepatan.

Diketahui ini merupakan salah satu karya dari divisi Custom Body Department of Saitama Automobile College. Mobil ini juga bakal tampil pada Tokyo Auto Saloon yang digelar pada 14 - 16 Januari 2022.



Simak Video "Jajal Toyota GR Yaris, Mobil Balap untuk Harian!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT