Hatchback Makin Sepi Peminat, Apa Model Toyota Paling Laku di Indonesia?

ADVERTISEMENT

Hatchback Makin Sepi Peminat, Apa Model Toyota Paling Laku di Indonesia?

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 10 Des 2021 21:21 WIB
PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Toyota Veloz. MPV berjuluk mobil sejuta umat menarik perhatian pengunjung GIIAS 2021.
Ilustrasi Toyota All New Veloz yang dipajang di pameran GIIAS 2021 Foto: Dok. Toyota
Jakarta -

Model mobil yang mengaspal di jalanan Indonesia cukup beragam. Mulai dari sedan, hatchback, MPV, hingga SUV. Namun beberapa dari model yang sudah eksis ini, ternyata tak lagi kuat penjualannya.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandi mengatakan saat ini tren MPV dan SUV kian kuat di pasaran. Sedangkan hatchback mulai turun dan sedan mulai membaik.

"Tren SUV itu makin naik dan itu saya rasa peran global. Jadi nggak satu hal yang mengagetkan juga. Tapi balik lagi MPV-SUV ini sangat mendominasi. Hatchback relatively not improving, relatif turun. Sedan ya gradually kali yah? Karena pajaknya baru berubah," papar Anton Jimmi pada ajang Journalist Test Drive Toyota All New Avanza dan All New Veloz di Pulau Bali.

Anton juga buka-bukaan data penjualan model Toyota yang tahun ini digandrungi masyarakat. Menurutnya, model MPV masih mendominasi, bahkan menguasai sepertiga penjualan total Toyota di tahun ini.

"Jadi Calya kan sekarang sales 3.000-an, 3.500. Innova sales masih 5.000, ya kan. Kemudian Avanza dan Veloz ini kira-kira 8.000. Jadi itu udah lebih dari, sepertiga dari total penjualan kita, kan. In avarage kita sekarang jualan 27 ribu," ucap Anton.

"Sisanya ya mungkin SUV yah. Rush sekitar 5.000. Kemudian Fortuner sekitar 2.000. Ya SUV masih tetap di bawah. Tapi gap-nya semakin mendekati yah antara SUV dan MPV," lanjutnya.

Perlu diketahui, saat ini Toyota hanya menjual dua model hatchback-nya, yakni New Yaris GR Sport dan New Agya GR Sport. Sedangkan untuk model GR Yaris sudah ludes terjual.

Sedangkan untuk MPV, Toyota saat ini menjual total sembilan model, yakni All New Veloz, All New Avanza, New Alphard, New Vellfire, New Venturer, New Kijang Innova, New Calya, New Sienta, dan All New Voxy.

Lalu untuk model SUV nya, Toyota menjual New Fortuner GR Sport, New Rush GR Sport, All New Raize GR Sport, All New Corolla Cross, All New C-HR, hingga Land Cruiser.

Untuk model sedan, Toyota mengandalkan All New Camry, All New Corolla Altis, hingga New Vios. Selain itu ada juga New Toyota 86 dan Toyota GR Supra.



Simak Video "Siap-siap! Toyota Punya Rencana Jual Mobil Listrik bZ4X di Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT