Tes KIA Sonet 7-Seater Premier: Desain Keren, Harga Menarik, tapi...

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 29 Agu 2021 21:09 WIB
Jakarta -

Tidak cukup menghantui pasar compact SUV di Indonesia dengan KIA Sonet, KIA pada April 2021 ini memperkenalkan Sonet versi lebih ramah 'keluarga besar'. Tapi menariknya, Sonet 7-seater ini hadir dengan mesin, transmisi, hingga platform yang sama persis dengan versi 5-seater.

Kali ini detikOto menjajal langsung KIA Sonet-7 seater tipe tertinggi untuk membuktikan seberapa istimewa mobil ini dan juga seberapa fungsional bangku baris ketiga yang bisa menambah akomodasinya. Simak deh ulasan kami!

KIA Sonet 7-seater PremierKIA Sonet 7-seater Premier Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Desain khas KIA Kekinian
Sebelum mengulas soal impresi berkendara serta impresi mobilnya secara menyeluruh, mari kita mulai dengan melihat wujudnya.

KIA Sonet 7-seater seperti yang kami bahas di awal, hadir sama persis dengan KIA Sonet 5-seater. Bahkan, sekadar emblem pembeda pun tidak disematkan KIA ke Sonet 7-seater ini. Alhasil, sulit membedakan mana Sonet yang 5-seat dan mana yang 7-seat.

Dari depan, yang menjadi ciri khas KIA kekinian adalah hadirnya desain grille dengan sebutan 'Tiger Nose'. Lalu untuk tipe yang kami tes ini, sebagai tipe tertinggi, dibekali juga lampu LED, Daytime Running Light hingga lampu kabut projektor.

Tampak belakang KIA Sonet ini pun tampak menarik dan khas. Lampu belakangnya seperti siluet cakar macan, menambah kegagahannya.

KIA Sonet 7-seater PremierKIA Sonet 7-seater Premier Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Namun dari belakang, wujud KIA Sonet ini seperti bantet dan kebesaran panel bodinya. Apalagi, karena ada desain bertingkat dari bagian tengah ke bawah, membuat mobil ini sekilas membawa aura Picanto.

Dari samping, yang membuat mobil ini tampak gagah bak SUV kebanyakan adalah hadirnya roof rail yang diberi aksen warna aluminium brush. Lalu, desain peleknya pun terlihat pas menjadi sepatu dari Sonet ini.

Untuk peleknya, KIA membekali Sonet dengan pelek 16 inci dan dengan ban yang berprofil tebal. Ukuran bannya, 215/60 R16.

Secara keseluruhan, ada sedikit sentuhan ala mobil Eropa di Sonet ini. Desainnya memang menarik dan harus diakui membawa aura segar di kancah per-SUV-an tanah air.

Mungkin buat yang sudah bosan dengan desain compact SUV dari pabrikan Jepang, KIA Sonet ini cocok jadi pilihannya.

KIA Sonet 7-seater PremierKIA Sonet 7-seater Premier Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Mesin yang Super Irit dan Bertenaga
KIA membekali Sonet dengan satu pilihan mesin, yaitu mesin bensin berkapasitas 1.500 cc. Mesin ini baru dan belum pernah digunakan oleh KIA sebelumnya di line up manapun di Indonesia.

Mesin dengan julukan Smartstream Gamma generasi kedua ini, punya kapasitas pas di angka 1.497 cc. Mesin ini merupakan mesin yang DOHC dan tenaganya disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi Intelligent VT atau iVT.

Tahan, sebelum kita bahas penyaluran tenaganya, kita bahas dulu tenaganya. KIA mengklaim tenaga Sonet ini dapat di angka 115 PS di putaran mesin 6.300 RPM. Sedangkan untuk torsinya, ada di angka 144 Nm di putaran mesin 4.500 RPM.

Di atas kertas, tenaga segini memang tercatat 5 PS lebih rendah dibanding sang rival, Honda HR-V. Pun untuk besaran torsinya, Sonet terpaut 1 Nm dari HR-V yang punya torsi maksimal di 145 Nm.

KIA Sonet 7-seater PremierMesin KIA Sonet 7-seater Premier Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Nah, Sonet ini menggunakan transmisi yang secara penamaan dan teknis berbeda dari CVT pada umumnya. Intelligent VT ini, dibekali dengan teknologi Shift Control Strategy, yang membuat respon transmisinya dapat menyesuaikan berdasarkan input yang diberikan oleh pengemudi.

Transmisi ini menurut kami bekerja dengan sempurna dan tanpa keluhan sama sekali. Tarikannya terasa halus dan menyenangkan berkat adanya sensasi naik turun giginya.

Selain itu, iVT ini juga membuat mesin kian efisien kerjanya. Tak heran, dari pengetesan kami di rute dalam kota, melewati kemacetan dan juga berjalan dengan rata-rata kecepatan 20-30 km/jam, konsumsi bahan bakar KIA Sonet 7-seater ini di angka 15.0 km/Liter.

Angka segitu sangat-sangat impresif mengingat bobot dan dimensi mobil ini tidak sekecil LCGC. Iritnya konsumsi bahan bakar dari KIA Sonet 7-seater ini, menurut kami salah satu poin vital dan sangat positif untuk sebuah mobil untuk harian.

Tes Konsumsi Bahan Bakar KIA Sonet 7-seaterTes Konsumsi Bahan Bakar KIA Sonet 7-seater Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Nah, kalau untuk perjalanan yang lebih kencang dan konstan, untuk rute tol, konsumsi bahan bakar KIA Sonet 7-seater ini dapat di angka 20.1 km/Liter. Angka tersebut kami dapatkan dengan rata-rata berkendara di 90 km/jam.

Asyiknya lagi, KIA Sonet 7-Seater ini dibekali dengan mode berkendara dari mulai Eco, Normal hingga Sport. Ketiganya bukan hanya 'gimmick' tapi benar-benar berpengaruh.

Selama tes konsumsi bahan bakar, kami menggunakan mode normal. Sedangkan di mode Eco, tenaga jelas seperti dicekik. Sedangkan di mode Sport mesin langsung meraung di RPM yang lebih tinggi, bahkan ketika idle.

Well, mesin Sonet 7-seater ini memang bukan yang terbaik di kelasnya. Masih ada beberapa pilihan mobil lain di kelas ini, yang lebih 'garang' secara tenaga. Namun, KIA Sonet hadir dengan mesin yang canggih, tenaganya tidak buruk dan yang paling penting 'super' irit.

KIA Sonet 7-seater PremierTampak samping KIA Sonet 7-seater Premier Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Handling Bak Mobil Eropa
Pabrikan mobil asal Korea Selatan ini, terbilang cukup populer di pasar Eropa sana. Tak heran, KIA Sonet hadir dengan desain yang klimis dan ada sentuhan Eropa-nya. Ternyata, hal ini juga diselipkan kepada handling dan suspensinya.

Secara spesifikasi, KIA membekali Sonet dengan sok yang umum, yaitu sok depan model MacPherson Strut dan sok belakang model Torsion Beam. Secara umum juga, soknya ini punya karakter medium.

Satu hal yang membuat kami yakin mobil ini tuh Eropa banget, adalah dari karakternya. KIA Sonet hadir dengan karakter sok yang firm dan 'dewasa', persis seperti karakter sok SUV dari pabrikan Eropa.

Handling model gini, menurut kami cocok untuk para pengendara yang hobi bermanuver, zig-zag atau menikung dalam kecepatan tinggi. Namun, hati-hati karena body roll-nya masih cukup terasa.

Nah biarpun karakter suspensinya cenderung medium, nyatanya mobil ini masih nyaman dipakai melibas aspal yang tidak rata, hingga ngebut di speed trap sekalipun. Makanya kata 'dewasa', menurut kami pas untuk menggambarkan karakter pengendalian KIA Sonet 7-seater ini.

Satu hal yang juga menarik perhatian kami adalah dari jarak main suspensinya. Kami merasa, jarak main atau travel soknya ini kurang panjang dan juga dipadukan dengan rebound yang kurang pas. Sehingga tidak jarang mobil ini terasa kurang nyaman di jalan yang sangat jelek.

Secara keseluruhan, handling dan suspensi KIA Sonet 7-Seater ini memang khas. Mobil terasa anteng dibawa menekuk atau bermanuver, tapi juga tidak membuat badan pegal ketika melawan jalan yang sedikit rusak.

KIA Sonet 7-seater PremierInterior KIA Sonet 7-seater Premier Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Fitur Ada yang Dipangkas, Namun Tetap Berkelas
Pabrikan mobil asal Korea Selatan, terkenal dengan pabrikan yang tidak pelit fitur, setidaknya hingga saat ini. KIA Sonet 7-seater pun demikian. Meski ada beberapa fitur yang dipangkas dari yang versi 5-seater, fitur di mobil ini tetap berkelas.

Kami menjajal KIA Sonet 7-Seater tipe tertinggi yaitu Premier. Di tipe ini, ketika masuk ke dalam kabinnya, aura kemewahan langsung terasa. Memang penggunaan jok kulit, terasa sangat signifikan untuk urusan kemewahan.

Menariknya, jok kulit KIA Sonet 7-seater ini bisa dibilang spesial. Untuk bangku pengemudi dan penumpang depan, mendapat ventilated seat atau pendingin jok. Jadi cocok untuk yang hobi berjalan di siang hari, ketika matahari sedang jemawa.

Lalu, setir model flat bottom juga menambah aura mewah cockpit-nya. Belum lagi, jika melongok ke bagian tengah, terlihat layar sentuh seluas 10.25 inci yang siap menjadi pemandu hiburan selama berkendara di Sonet 7-seater ini.

KIA Sonet 7-seater PremierWireless charger hadir di KIA Sonet 7-seater Premier Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Head unit tersebut memiliki beberapa fungsi seperti multiple bluetooth connection, voice recognition, USB and AUX connection, Apple Carplay, Android Auto, hingga penunjuk arah kiblat.

Nah, fitur yang dipangkas di Sonet 7-seater ini adalah fitur sunroof. Meskipun kedapatan Sonet 7-seater tipe tertinggi, tapi sunroof tetap tidak dihadirkan di mobil ini.

Hilangnya sunroof ini bukan tanpa alasan. Untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang baris ketiga, KIA memberikan blower tambahan di plafon tengahnya.

Namun blower ini bukan blower AC. KIA memilih blower yang hanya sanggup menyalurkan angin dari depan ke belakang. Mirip dengan blower kepunyaannya Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Suaranya agak bising, jika digunakan di level paling tinggi.

KIA Sonet 7-seater PremierBlower KIA Sonet 7-seater Premier Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Selain hilangnya sunroof, Sonet 7-seater ini juga tak dapat speaker dari Bose yang terkenal nyaman di telinga.

Untuk menjamin keselamatan berkendara, fitur keselamatan pada Kia Sonet 7 Seater ini juga lengkap, mulai dari 6 airbag, sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist, Electronic Stability Control (ESC), Hill Assist Control dan Emergency Stop Signal. Selain itu, masih ada rear camera dengan dynamic parking guide.

Fitur lainnya seperti Remote Engine Start, Wireless Smartphone Charger, dan Tire Pressure Monitor System. Oiya, Kia Sonet juga sudah Drive Mode dan Traction Control yang dimilikinya.

KIA Sonet 7-seater PremierBangku baris ketiga KIA Sonet 7-seater Premier Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

7 Seaternya, Lebih Pas Disebut 5+2
Satu hal yang menarik dan langsung memikat para calon pembeli yang punya anggota keluarga besar adalah embel-embel 7-seater di KIA Sonet. Jelas ini fitur yang 'khas' untuk sebuah mobil keluarga.

Namun tahan dulu, menurut kami KIA Sonet 7-seater ini lebih pas disebut dengan Sonet 5+2-seater. Memang sih, tidak enak secara marketing atau penamaan, tapi itulah adanya.

Sebelum menjajal duduk di bangku baris kedua ini, pertama-tama kami membuka dulu joknya melalui bagasi. Wah! begitu buka bagasi dan membuka joknya, kami langsung menggelengkan kepala melihat sisa ruang bagasinya.

Karena harus mengalah dengan jok baris ketiga, ruang bagasinya hanya muat untuk barang yang lebarnya tidak lebih dari empat jari. Iya, empat jari. Mungkin tas ransel anak sekolah bisa muat disini.

Nah jika butuh membawa barang banyak, jelas bangku ketiganya tidak dapat dibuka. Bangku ketiga ini dapat ditutup dan diikat ke headrest bangku baris kedua. Lalu, terlihat ada ruang yang terasa cukup untuk barang yang besar.

Jika kurang, bangku baris kedua ini dapat dilipat dan terlihat ruang yang rata. Menurut kami, pas jika hendak membawa barang besar seperti furniture bongkar-pasang atau yang lainnya.

Sekarang saatnya 'moment of truth', saya yang punya tinggi 175 cm dan bobot tubuh yang terbilang bongsor, harus menjejalkan diri ke bangku baris ketiga dari KIA Sonet 7-seater ini.

Pertama, kami majukan dulu bangku baris keduanya hingga mentok. Lalu dengan fitur 'one touch tumble', dengan mudah bangku baris keduanya terlipat dan memberi jalan untuk kami masuk ke baris ketiganya.

KIA Sonet 7-seater PremierImpresi duduk di bangku baris ketiga KIA Sonet 7-seater Premier Foto: 20Detik

Kesan pertama yang kami dapatkan ketika duduk di bangku baris ketiga ini adalah satu kata, sempit. Menurut kami, benar-benar ini tidak nyaman dan lebih pas untuk penumpang dengan postur yang jauh lebih kecil.

Mungkin anak kecil atau remaja, akan lebih cocok, walau belum tahu nyaman atau tidak. Setidaknya, bagi kami yang punya postur seperti ini, menyerah duduk di bangku baris ketiga ini.

Tapi, di baris ketiga ini tersedia cup holder dan kompartemen penyimpanan yang kecil. Terus ada juga dua buah headrest dan seat belt tentunya sebagai standar keselamatan.

Kesimpulan
Menurut kami, KIA Sonet 7-seater ini sangat-sangat menarik. Desainnya keren, fiturnya serta kabinnya mewah dan harganya cukup kompetitif di kelasnya. Namun, hadirnya fasilitas 7 penumpang di mobil ini, kami rasa selain jadi kelebihan juga jadi kekurangannya.

Keluarga dengan anggota yang banyak dan berencana meminang KIA Sonet 7-seater ini, menurut kami perlu 'fitting' terlebih dahulu dan merencanakan matang-matang siapa yang akan duduk di bangku baris ketiganya.

Menurut kami, Sonet versi 5-seater lebih menarik untuk dipilih. Selain karena ada fitur sunroof yang menambah kemewahan, ada juga perangkat audio dari Bose yang memanjakan keluarga ketika perjalanan jarak jauh.

KIA Sonet 7-seater PremierKIA Sonet 7-seater Premier Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Ketersediaan dan Harga KIA Sonet 7 Seater
Kia Sonet 7 Seater hadir dengan enam pilihan warna, yaitu Clear White, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver, Aurora Black Pearl dan Beige Gold. Ditawarkan dalam lima varian, berikut daftar harga Kia Sonet 7 Seater (OTR Jakarta).

Harga KIA Sonet 7-seater

Sonet 7 1.5L AT Premier Rp 296.000.000
Sonet 7 1.5L AT Dynamic Rp 272.000.000
Sonet 7 1.5L AT Smart Rp 258.500.000
Sonet 7 1.5L MT Smart Rp 245.500.000
Sonet 7 1.5L MT Standart Rp 199.500.000


Spesifikasi KIA Sonet 7 Seater

MESIN & PERFORMA
Tipe Mesin Smartstream, Gamma II, DOHC, Dual CVVT
Kapasitas Mesin 1.497 cc
Silinder 4-Silinder
Transmisi Transmisi manual 6 percepatan dan transmisi iVT (Intelligent Variable Transmission) dengan 8 virtual gear.
Girboks -
Tenaga Maksimal 115 (PS)/6.300 RPM
Torsi Maksimal 144 (Nm)/4.500 RPM
Top Speed -
0-100 Km/jam -
Bahan Bakar Bensin
Kapasitas Tanki 45 Liter


DIMENSI
Panjang 4.120 mm
Lebar 1.790 mm
Tinggi 1.615 mm
Berat -
Ground Clearence 205 mm
Wheel Base -


SETIR, SUSPENSI & BAN
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang Coupled Torsion Beam Axle
Ban 215/60
Velg R16
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum
ABS Yes


EKSTERIOR
Lampu Depan LED, Auto light, Delay function (kecuali tipe Standar M/T)
Lampu Belakang LED (kecuali tipe Standar M/T)
Lampu Kabut Projector (kecuali tipe standar M/T)
Spion Yes
Side Skirt Yes
Spoiler Yes
Roof Rail Yes
Bagasi Otomatis No


INTERIOR
Jumlah kursi 7 kursi penumpang
Sunroof No
Moonroof No
Panorama Roof No


KEAMANAN & KESELAMATAN
ABS Yes
Brake Assist Yes
Airbag Sopir Yes
Airbag Penumpang Yes
Airbag Samping Yes
Kontrol Traksi Yes
Kamera Parkir Yes
Kamera 360 No


HIBURAN & KOMUNIKASI
Android Auto Yes
Apple CarPlay Yes
Konektivitas Bluetooth Yes
Konektivitas Wifi -
Layar Sentuh Yes
Ukuran Layar Sentuh 10.25" LCD, Android
Auto & Apple Car (Tipe Tertinggi), 8" LCD with Multiple Bluetooth Connection,
Voice Recognition, USB and Auxiliary
Connection, Android Auto & Wireless Apple Car (tipe Dynamic dan Smart), dan 3.8" with Bluetooth
& USB Connection (standar M/T).



Simak Video "KIA Sonet 7-Seater Premiere, Apa Iya Ini Compact SUV yang Paling Worth It?"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)