Kia Sonet 7-Seater Meluncur, Ada Apa Saja yang Baru?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 08 Apr 2021 12:04 WIB
Kia Sonet 7 Seater
KIa Sonet 7 Seater (Rangga Rahadiansyah/detikOto)
Jakarta -

Kia meluncurkan SUV cub-compact Kia Sonet terbaru. Setelah sebelumnya Kia Sonet hadir dengan kapasitas lima orang penumpang, kini PT Kreta Indo Artha (KIA) sebagai agen pemegang merek Kia di Indonesia resmi meluncurkan Kia Sonet 7-seater. Apa istimewanya?

Dibandingkan Kia Sonet 5-seater, perbedaannya tidak terlalu banyak. Kia sekadar menambah kursi baris ketiga untuk dua orang penumpang.

Kia Sonet 7-seater disebut hadir untuk melengkapi varian sub-compact SUV Sonet yang sebelumnya hadir dengan kapasitas lima orang penumpang. Tambahan kursi di baris ketiga itu memberikan keleluasaan untuk penggunanya dengan kemampuan akomodasi yang lebih banyak.

Sebelum diluncurkan, detikcom mendapat kesempatan melihat langsung Kia Sonet 7-Seater di kantor PT KIA di Wisma Indomobil, Jakarta. Secara tampilan eksterior, Kia Sonet 7 penumpang ini sekilas terlihat tidak ada bedanya dengan Kia Sonet 5-Seater. Perbedaan mencolok hanya ada pada bagian atapnya di mana Kia Sonet 5-Seater tipe Dynamic dan Premiere memiliki sunroof, sementara Kia Sonet 7-seater tidak ada sunroof.

Kia Sonet 7 SeaterKia Sonet 7 Seater Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Alasannya, Kia Sonet 7-seater tidak diberikan sunroof karena untuk mengakomodasi blower AC di plafon baris kedua. Penambahan blower AC di baris kedua itu untuk mengakomodasi kenyamanan penumpang di baris ketiga. Sementara untuk penumpang baris kedua tetap ada blower AC di tengah bawah.

Kia Sonet tipe tertinggi, Premiere 7, telah dibekali head unit LCD berukuran 10,25". Head unit tersebut memiliki beberapa fungsi seperti multiple bluetooth connection, voice recognition, USB and AUX connection, Apple carplay, Android Auto, hingga penunjuk arah kiblat.

Kursi baris kedua Kia Sonet 7-seater bisa digeser maju-mundur serta dapat diatur tingkat kemiringannya sehingga menambah kenyamanan penumpang.

Lalu bagaimana kursi baris ketiganya? Sebagai gambaran, dimensi Kia Sonet 7-seater tidak berbeda dengan Kia Sonet 5-seater. Artinya, hanya ada penambahan dua kursi di baris ketiga untuk penggunanya yang ingin menampung penumpang lebih banyak.

Baris kedua dan ketiga Kia Sonet 7 Seater Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Karena dimensinya yang sama seperti versi 5-seater, bangku baris ketiga menurut kami kurang cocok untuk diduduki oleh orang dewasa dalam perjalanan yang lama. Saya yang punya tinggi badan 178 cm, duduk di baris ketiga Kia Sonet 7-seater merasa ruangnya terbatas. Memang, bangku baris ketiga pada Kia Sonet 7-seater ditujukan untuk anak-anak atau mungkin orang dewasa yang tinggi badannya tidak terlalu tinggi dan besar.

"Kita intinya nyediain ini sebagai pilihan. Bukan sebagai suatu model baru. Mungkin kadang-kadang konsumen mau pakai untuk jalan bareng keluarga, anaknya masih kecil-kecil, masih muat. Atau mungkin untuk perjalanan pendek aja, misalnya keluar untuk makan siang bareng teman-teman, masih bisa," kata Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo, kepada detikOto belum lama ini.

Kia Sonet 7 SeaterKia Sonet 7 Seater Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Jika tidak digunakan untuk penumpang, bangku baris ketiga bisa dilipat sehingga memberikan volume bagasi yang luas. Ban serep yang pada Kia Sonet 5-seater berada di balik bagasi, untuk versi 7-seater dipindahkan ke kolong untuk mengakomodasi kursi baris ketiga.

Kia Sonet 7 SeaterKia Sonet 7 Seater Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Sementara itu, bagian mesin sama sekali tidak berubah. Kia Sonet 7-seater tetap menggendong mesin Smartstream Gamma II, DOHC, Dual CVVT berkapasitas 1.497 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 115 PS pada 6.300 rpm dengan torsi maksimal 144 Nm pada 4.500 rpm. Kia Sonet 7-seater hadir dengan pilihan transmisi Intelligent VT dan manual 6 percepatan.



Simak Video "Lebih Intim dengan KIA Sonet, SUV dengan 6 Tipe & 2 Opsi Transmisi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)