Kia Sonet 7-Seater Debut Global di RI, Harga Mulai Rp 199,5 Juta

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 08 Apr 2021 13:28 WIB
Kia Sonet 7 Seater
Kia Sonet 7-Seater Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto
Jakarta -

PT Kreta Indo Artha (KIA) resmi merilis Kia Sonet 7-seater di Indonesia, Kamis (8/4/2021). Peluncuran ini perdana di dunia, Indonesia menjadi negara pertama yang mendapatkan varian 7 penumpang dari Sonet.

"Sebuah kebanggaan bagi kami mendapatkan kepercayaan untuk melakukan World Premiere Kia Sonet 7 Seater di Indonesia. Permintaan konsumen terhadap mobil keluarga tujuh penumpang di Indonesia yang besar, menjadikannya sangat tepat jika Compact SUV terbaru dari Kia ini melakukan debut dunianya di sini," ujar Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha, Andrew Nasuri dalam konferensi pers virtual, Kamis (8/4/2021).

Dibandingkan Kia Sonet 5-seater, perbedaannya tidak terlalu banyak. Kia hanya menambah kursi baris ketiga untuk dua orang penumpang dewasa.

Kia Sonet 7-seater tidak diberikan sunroof karena untuk mengakomodasi blower AC di plafon baris kedua. Penambahan blower AC di baris kedua itu untuk mengakomodasi kenyamanan penumpang di baris ketiga. Sementara untuk penumpang baris kedua tetap ada blower AC di tengah bawah.

Kia Sonet 7 SeaterKia Sonet 7 Seater Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Sementara untuk Kia Sonet tipe tertinggi, Premiere 7, telah dibekali head unit LCD berukuran 10,25". Head unit tersebut memiliki beberapa fungsi seperti multiple bluetooth connection, voice recognition, USB and AUX connection, Apple carplay, Android Auto, hingga penunjuk arah kiblat.

Kursi baris kedua Kia Sonet 7-seater bisa digeser maju-mundur serta dapat diatur tingkat kemiringannya sehingga menambah kenyamanan penumpang.

Kia Sonet 7 SeaterKia Sonet 7 Seater Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Untuk menjamin keselamatan berkendara, fitur keselamatan pada Kia Sonet 7 Seater ini juga lengkap, mulai dari 6 airbag, sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist, Electronic Stability Control (ESC), Hill Assist Control dan Emergency Stop Signal. Selain itu, masih ada rear camera dengan dynamic parking guide.

Fitur lainnya seperti Remote Engine Start, Wireless Smartphone Charger, dan Tire Pressure Monitor System. Oiya, Kia Sonet juga sudah Drive Mode dan Traction Control yang dimilikinya.

Sementara di balik bonetnya Kia Sonet 7-seater tetap menggendong mesin Smartstream Gamma II, DOHC, Dual CVVT berkapasitas 1.497 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 115 PS pada 6.300 rpm dengan torsi maksimal 144 Nm pada 4.500 rpm. Kia Sonet 7-seater hadir dengan pilihan transmisi Intelligent VT dan manual 6 percepatan.

Kia Sonet 7 Seater hadir dengan enam pilihan warna, yaitu Clear White, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver, Aurora Black Pearl dan Beige Gold. Ditawarkan dalam lima varian, berikut daftar harga Kia Sonet 7 Seater (OTR Jakarta)

- Kia Sonet Premiere 7 iVT Rp 296.000.000,-
- Kia Sonet Dynamic 7 iVT Rp 272.000.000,-
- Kia Sonet Smart 7 iVT Rp 258.500.000,-
- Kia Sonet Smart 7 MT Rp 245.500.000,-
- Kia Sonet Standard 7 MT Rp 199.500.000,-



Simak Video "KIA Sonet 7-Seater Premiere, Apa Iya Ini Compact SUV yang Paling Worth It?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)