Ototest

Uji Performa Jeep Wrangler Rubicon 2021: Buat Offroad Oke, di Jalan Aspal Mumpuni

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 16 Feb 2021 09:29 WIB
Jakarta -

Jeep telah meluncurkan Jeep Wrangler generasi terbaru dengan kode bodi JL. Dibanding pendahulunya Jeep 'JK' Wrangler, Jeep Wrangler generasi terbaru ini memiliki berbagai penyegaran. Salah satunya adalah di sektor jantung pacu.

Jeep kini mengandalkan mesin 2.000 cc Direct Injection Turbo with Etorque. Pada generasi sebelumnya, Jeep Wrangler JK mengusung mesin V6 3.600 cc, jauh lebih besar dibandingkan dengan generasi terbaru ini.

Dengan mengusung mesin yang lebih kecil, Jeep ingin mencoba mematuhi peraturan emisi yang ketat di berbagai negara. Mesin yang lebih kecil ini bakal lebih irit bahan bakar. Tapi soal tenaga dan torsi tetap bisa diandalkan. Benarkah demikian?

Nah, kali ini detikOto mendapat kesempatan menjajal Jeep Wrangler generasi terbaru dengan kode JL ini. Uji coba Jeep Wrangler ini dilakukan di jalan aspal untuk komuter menuju tempat aktivitas dan kami juga sempat menjajalnya di trek offroad di Jeep Station Indonesia (JSI), Bogor, Jawa Barat. Bagaimana rasanya? Simak ulasannya.

1. Desain

Dari desain eksterior, Jeep Wrangler ini akan dengan cepat dikenali semua orang. Jeep Wrangler generasi terbaru tetap mempertahankan desain ikonik ala mobil-mobil Jeep. Dari depan tampak grille vertikal yang diapit dua lampu berbentuk bulat.

Jeep Wrangler RubiconJeep Wrangler Rubicon Foto: dok. Jeep

Sentuhan terbaru pada Jeep Wrangler JL ini adalah lampu depan yang sudah mengadopsi teknologi lampu LED untuk low dan highbeam. Sistem lampu sudah bisa menyala otomatis ketika membaca lingkungan sekitar gelap. Jeep Wrangler Rubicon ini memiliki lampu kabut dan daytime running light LED.

Beralih ke samping, kesan kekar terpancar dari desain Jeep Wrangler Rubicon ini. Fender yang besar dan tampak kokoh menambah kesan macho. Dari samping ciri khas Jeep dikenali dengan bentuknya yang serba kotak dan kaku. Detail-detail kecil seperti engsel pintu, handle pintu, spion memancarkan kesan kekar pada mobil ini.

Ototest Jeep Wrangler Rubicon 2021Ototest Jeep Wrangler Rubicon 2021 Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar/detikOto

Di bagian belakang, lampu kombinasi belakang juga sudah menggunakan LED. Detail macho tergambar pula pada bagian belakang mulai dari ban serep yang sudah ditempeli kamera parkir hingga pintu bagasinya.

2. Interior dan Fitur-fitur

Masuk ke dalam Jeep Wrangler Rubicon dan duduk di kabinnya, Anda akan merasa gagah. Soalnya dimensi mobil cukup tinggi dan merasa mobil sangat besar.

Di bagian dalam Anda akan dimanjakan dengan interior yang tergolong mewah. Interior mobil dilapisi dengan material premium seperti lapisan kulit di beberapa bagiannya. Kombinasi warna interior oranye dan hitam turut membuat tampilan kabin Jeep Wrangler makin keren.

Ototest Jeep Wrangler Rubicon 2021Ototest Jeep Wrangler Rubicon 2021 Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Jeep Wrangler dibekali dengan layar hiburan Uconnect 4C NAV dengan layar sentuh 8,4 inci. Head unitnya bisa terkoneksi dengan sistem Android Auto dan Apple CarPlay.

Jeep Wrangler dilengkapi dengan sembilan Alpine speakers termasuk soundbar di atas baris kedua, subwoofer untuk segala musim dan 552-watt amplifier. Ketika memutar musik kesukaan, suaranya sangat membuat nyaman telinga.

[Lanjut laman berikut: Pembuktian Jeep Wrangler Rubicon]