Bagian I Januari-Juni

Daftar Mobil yang Dirilis di Indonesia Sepanjang Tahun 2020

Tim Detikcom - detikOto
Jumat, 01 Jan 2021 14:55 WIB
Mazda CX-8 test drive di Jakarta
Mazda CX-9 salah satu mobil yang dirilis di Indonesia pada semester pertama 2020 (Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Industri otomotif Indonesia terkena hantaman pandemi virus corona. Namun begitu, beberapa merek tetap mengeluarkan produk baru di tanah air. Ini daftar mobil yang diluncurkan di tanah air sepanjang 2020.

Bukan sekadar tetap meluncurkan produk baru, di tahun 2020 yang baru saja terlewati malah ada pendatang baru yang mencoba peruntungan di pasar Indonesia. Terlepas dari angka penjualan yang terkoreksi sangat besar jika dibanding tahun lalu, industri otomotif Indonesia tetap mampu bertahan di tengah situasi pandemi.

Berikut daftar mobil yang dirilis di Indonesia sepanjang 2020, sebagaimana dikutip dari antara:

JANUARI

Suzuki All New Ertiga

SUZUKI ALL NEW ERTIGASUZUKI ALL NEW ERTIGA Foto: Suzuki

Di awal tahun 2020 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan penyegaran pada mobil keluarga All New Ertiga dengan menyajikan warna baru dan ubahan pada interior.

Adapun perubahan interior pada tipe GL, GX dan Suzuki Sport antara lain tambahan second row center arm rest dan ubahan warna hitam pada interior untuk tipe GX dan Suzuki Sport menjadi black with wood grain pattern. Pada tipe GL, terdapat digital AC panel, sedangkan di tipe GX terdapat 8 inch touch screen head unit with remote control.

Harga On The Road Jabodetabek untuk tipe GL berkisar Rp224.500.000 untuk transmisi manual dan Rp235.000.000 untuk transmisi otomatis. Untuk tipe GX harga yang ditawarkan Rp238.500.000, transmisi manual dan Rp249.000.000 untuk transmisi otomatis.

All New Kia Seltos

All New Kia Seltos dibanderol seharga Rp295 juta on the road untuk varian E. Sedangkan untuk varian tertinggi EX+ KIA Seltos dibanderol Rp320 juta on the road.

Mobil ini hadir dengan tiga varian, E, EX dan EX+. All new Kia Seltos juga hadir dalam enam pilihan warna, yaitu Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange.

Mazda CX-30

Mazda MX-30 dinobatkan sebagai mobil paling cantik di JepangMazda MX-30 dinobatkan sebagai mobil paling cantik di Jepang Foto: Mazda

Menjelang akhir Januari 2020, PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) meluncurkan kendaraan sport utility vehicle (SUV) bertipe crossover, yakni Mazda CX-30 yang dibanderol dengan harga mulai Rp 478,8 juta.

FEBRUARI

Honda Civic RS Hatcback

Pada awal Februari, PT Honda Prospect Motor meluncurkan model terbaru Honda Civic RS Hatchback, pada Kamis di Jakarta, dengan harga Rp 499 juta

Dengan mengusung emblem RS, New Honda Civic Hatchback RS hadir dengan tampilan semakin sporty sekaligus seksi, ditambah berbagai perubahan di bagian eksterior dan interior.

New Honda Civic Hatchback RS tersedia dalam lima pilihan warna, yakni Brilliant Sporty Blue Metallic, Modern Steel Metallic, Rallye Red, Crystal Black Pearl dan Platinum White Pearl. New Honda Civic Hatchback RS dijual dengan harga Rp 499 juta (berdasarkan estimasi BBN 2020 Jakarta dan kepemilikan mobil pertama).

Suzuki XL7

Suzuki mengenalkan varian low SUV baru, XL7. Model ini merupakan hasil pengembangan dari model low MPV, Ertiga. Penasaran? Yuk, lihat.Suzuki mengenalkan varian low SUV baru, XL7. Model ini merupakan hasil pengembangan dari model low MPV, Ertiga. Foto: Luthfi Anshori

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan model low SUV terbaru mereka, Suzuki XL7 pada awal Februari.

XL7 memiliki basis mesin yang dengan Suzuki Ertiga, yakni menggunakan mesin bertipe K15B. Mesin itu juga dipakai pada Carry dan Jimny. Output yang dihasilkan juga punya kemiripan yang tidak begitu jauh dengan Ertiga. Namun, perbedaan ada pada sisi driving feel alias rasa berkendara .

Soal harga, Suzuki XL7 dibanderol mulai dari Rp230 juta hingga Rp267 juta (OTR Jakarta) di varian tertinggi.

Toyota Alphard dan Velfire

Mobil kelas premium, New Alphard dan New Vellfire, juga dapat penyegaran dari Toyota. Terdapat sejumlah fitur keselamatan baru Toyota Safety Sense.

Dengan menyandang fitur Pre-Collision System (PCS), pengguna New Alphard dan New Vellfire kini mendapat perlindungan dari sistem radar yang terintegrasi, yang akan memberikan peringatan melalui audio dan visual terhadap potensi terjadinya benturan.

Fitur PCS secara otomatis mengurangi kecepatan, sehingga risiko benturan bisa dihindari atau dikurangi.

MARET

DFSK Gelora

PT Sokonindo Automobile (DFSK) memperkenalkan kendaraan van pertama mereka di Indonesia, DFSK Gelora, bertepatan pada pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2020 di Jakarta.

DFSK Gelora tersedia dalam tipe berpenggerak listrik (electric vehicle/EV) bertajuk Gelora E yang dijual dengan rentang harga Rp469-499 juta. Gelora E juga punya fitur pengisian daya cepat (fast charging), membutuhkan waktu sekira 80 menit untuk pengisian baterai 20-80 persen, dengan jarak tempuh hingga 300 km.

Harga DFSK Gelora telah diumumkan pada 2 November 2020, yakni Rp169 juta.Harga DFSK Gelora telah diumumkan pada 2 November 2020, yakni Rp169 juta. Foto: Sokonindo Automobile (DFSK)

New Toyota Agya

New Agya 2020 tampil dengan berbagai pilihan warna, dimana warna Silver Metallic dan Yellow mengalami refreshment, serta hadir dengan pilihan warna baru yaitu Orange Metallic.

Toyota New Agya 2020 dibanderol mulai dari Rp 143,8 juta sampai yang tertinggi yakni Rp 169,29 juta on the road Jakarta.

New Daihatsu Sirion dan Ayla

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan duo City Car unggulan mereka yakni, New Ayla 2020 dan Daihatsu New Sirion 2020 melalui jaringan YouTube resmi milik Daihatsu. ADM menjanjikan dua kendaraan ini cocok dikendarai oleh kalangan muda yang sporty dan stylish.

PT ADM juga memberikan warna baru dari masing-masing kendaraan ini, yakni Yellow Metalic pada New Ayla 2020 dan Silver Metalic pada New Sirion 2020. Kedua kendaraan yang disegarkan ini dibanderol mulai dari Rp101.650 juta OTR Jakarta untuk Alya New 2020, dan New Sirion 2020 ditaksir Rp201 juta OTR Jakarta.

Morris Garages ZS

SUV Morris Garage (MG) MG ZS.SUV Morris Garage (MG) MG ZS. Foto: Dok. MG Motor Indonesia

Menjadi pendatang baru di Indonesia, Morris Garage (MG) Motor Indonesia mengenalkan mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) MG ZS dengan dua varian Excite dan Ignite.

MG ZS tersedia dalam dua tipe yakni untuk Excite dibanderol dengan harga Rp255,8 juta. Sementara Ignite dipasarkan dengan harga Rp289,8 juta dengan lima pilihan warna Scarlet Red, Marina Blue, Black Knight, Arctic White, dan Silver Metallic.

[Halaman selanjutnya Mei-Juni]



Simak Video "Mulai dari Rp 200 Juta, Ini Daftar Harga Mobil SUV Baru di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]