Ototest

Senyaman Apakah VW Tiguan Allspace untuk Harian?

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 26 Nov 2020 19:52 WIB
Jakarta -

VW Tiguan Allspace merupakan mobil andalan Volkswagen (VW) di segmen SUV 7-seater. Mobil ini sudah dirakit secara lokal di pabrik Indomobil Group, Cikampek, Karawang, Jawa Barat. Bagaimana rasanya mengendarai mobil SUV premium Eropa untuk harian?

Kami menguji VW Tiguan Allspace untuk berkendara harian di jalanan perkotaan. Dari eksterior, mobil ini tampak mewah dengan aksen krom di bagian grille yang menyambung hingga head lamp. Sentuhan garnish krom juga terdapat di kaca samping, side skirt, diffuser, hingga bumper belakang.

VW Tiguan AllspaceVW Tiguan Allspace Foto: Luthfi Anshori

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.486 mm, lebar 1.839 mm, dan tinggi 1.632 dengan jarak sumbu roda 2.681 mm. Dimensi Tiguan Allspace lebih besar dari versi Tiguan 5-seater, tapi bobotnya justru lebih ringan 50 kg.

Masuk ke bagian dalam, mobil ini menawarkan interior yang mewah, dengan jok berbahan kulit dan sentuhan material soft touch di dasbor dan door trim. VW Tiguan Allspace juga punya banyak fitur elektronik. Jok pengemudi misalnya, sudah bisa disetel secara elektrik. Dengan remote keyless, menyalakan mesin pun tinggal pencet tombol engine start-stop system.

VW Tiguan AllspaceVW Tiguan Allspace Foto: Luthfi Anshori

Kemudian di bagian head unit-nya, ada fitur kamera 360° 'Area View', yang memudahkan proses parkir. Juga ada Electronic Parking Brake dengan Autohold, dan Park Assist System. Mobil ini dilengkapi panel layar sentuh 8,0 inci, yang mendukung fitur Android Auto dan Apple CarPlay.

Untuk kemudahan akomodasi, Tiguan Allspace sudah memiliki easy open. Dengan fitur ini, membuka bagasi belakang bisa dilakukan secara elektrik hanya dengan melakukan sapuan kaki di bawah pintu bagasi. Praktis!

VW Tiguan AllspaceVW Tiguan Allspace Foto: Luthfi Anshori

Yang cukup disayangkan, meski mobil ini memiliki konfigurasi 7 penumpang, namun untuk baris ketiga sepertinya hanya layak digunakan untuk anak kecil. Sebab konfigurasi jok paling belakang menyisakan sedikit ruang kaki dan ruang kepala, tentu tidak nyaman bagi orang dewasa.

VW Tiguan AllspaceVW Tiguan Allspace Foto: Luthfi Anshori

Lanjut ke impresi berkendara VW Tiguan Allspace...

Selanjutnya
Halaman
1 2