Kamis, 11 Jul 2019 12:19 WIB

Sejarah Panjang VW Kodok, Berawal dari Mobil Rakyat ala Hitler

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Akhir Cerita VW Kodok. Foto: Getty Images Akhir Cerita VW Kodok. Foto: Getty Images
Jakarta - Volkswagen Beetle atau di Indonesia dikenal dengan nama VW Kodok telah diakhiri produksi versi terbarunya. Satu-satunya pabrik yang masih memproduksi Beetle, yaitu di Puebla, Meksiko, menyelesaikan produksi Beetle seri terakhir pada Rabu (10/7/2019) kemarin.

VW Beetle merupakan mobil yang sangat legendaris. Mengutip laman VW Heritage Mobil ikonik yang bentuknya membulat itu pertama kali digagas pada 1931 ketika Ferdinan Porsche dan Zundapp mengembangkan Porsche Type 12 atau 'Auto fur Jedermann', yang artinya 'Mobil untuk Semua Kalangan'.

Volkwagen Beetle di Museum VW. Volkwagen Beetle di Museum VW di Wolfsburg, Jerman. Foto: Rangga Rahadiansyah


Ferdinan Porsche mengembangkan mesin 4 silinder flat berpendingin angin, sementara Zundapp mengembangkan mesin radial 5 silinder berpendingin air.



Pada 1933, Adolf Hitler menugaskan Porsche untuk mengembangkan Mobil Rakyat yang di Jerman disebut Volks Wagen. Mobil itu dapat menampung dua orang dewasa dan dua anak-anak dengan ruang untuk barang bawaan mereka. Tak muluk-muluk, mobil VW Beetle saat itu cuma bisa menempuh kecepatan maksimal 100 km/jam.

Volkwagen Beetle di Museum VW di Wolfsburg, Jerman. Volkwagen Beetle di Museum VW di Wolfsburg, Jerman. Foto: Rangga Rahadiansyah


Melansir dari Time, VW beetle merupakan simbol kebangkitan ekonomi Jerman pascaperang dan meningkatnya kesejahteraan kelas menengah.

Pada tahun 1955, Beetle yang ke-sejuta unit telah meluncur dari jalur perakitan di kota Wolfsburg, markas Volkswagen di Jerman. Namun, produksi Volkswagen Beetle di Wolfsburg berakhir pada 1978 ketika VW disibukkan dengan model Golf.



Namun, umur VW Beetle ternyata masih panjang. Produksi Beetle kembali bergulir di Meksiko pada 1967 sampai 2003. New Beetle kemudian dibuat dengan memodifikasi platform Golf untuk menghadirkan mobil retro 1997 di bawah CEO Ferdinan Piech, cucu Ferdinan Porsche.

New VW Golf mendapat pembaruan pada 2012. Saat itu mobil dibuat sedikit lebih ramping.

Sejarah Panjang VW Kodok, Berawal dari Mobil Rakyat ala HitlerVW Beetle edisi terakhir. Foto: Getty Images


Hingga akhirnya, VW Beetle terakhir sudah diproduksi di Puebla, Meksiko, Rabu (10/7/2019) kemarin. Diberitakan Forbes, penjualan VW Beetle menurun sejak 2013 sehingga VW memutuskan untuk mengakhiri produksinya.

Untuk memperingati edisi terakhir VW Kodok, terdapat dua edisi model terakhir, yaitu Final Edition SE dan Final Edition SEL.

Simak Video "Hotel Terkecil di Dunia Sebesar Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com